Jangan Samakan ASN Dulu dan Sekarang – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Hengky Kurniawan dilaporkan atas dugaan penyalahgunaan wewenang ke KPK, Jumat (12/5/2023). Laporan ke Bupati Bandung Barat dilakukan oleh kelompok yang bertindak mewakili Aktivis Pemuda Bandung Barat.

Aktivis Pemuda Bandung Barat menduga Hengky Kurniawan melontarkan tudingan terkait rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

Tim Pahami.id telah mencoba menghubungi Hengky Kurniawan untuk mengonfirmasi laporan tersebut. Namun hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan dari Hengky.

Meski masih belum membalas, Hengky Kurniawan tampaknya sudah memberikan jawaban melalui postingan di Instagram. Pasalnya, bintang film Buruan Cium Gue itu menyebut rotasi, mutasi, dan promosi.

“Dalam kebijakan rotasi-mutasi yang dilakukan, semuanya sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” tulis Hengky Kurniawan, Sabtu (13/5/2023).

Ditambahkannya, “Jangan samakan ASN sekarang dengan eselon IV sebelumnya.”

Hengky Kurniawan menjelaskan, saat ini ada kebijakan penugasan jabatan administrasi menjadi jabatan fungsional dengan latar belakang reformasi birokrasi.

Jabatan yang dialihkan menjadi jabatan fungsional adalah jabatan administrasi atau eselon III dan jabatan pengawasan atau eselon IV.

Kebijakan rotasi mutasi mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB). Hal ini termaktub dalam nomor 28 tahun 2019 tentang pemerataan Departemen Tata Usaha menjadi departemen fungsional.

“Sekarang tidak ada eselon IV, ada pejabat fungsional,” kata Hengky Kurniawan.

“Jadi, kalau pegawai fungsional bisa naik jabatan, tidak ada masalah untuk menjadi eselon III,” imbuhnya.

Hengky Kurniawan juga menegaskan, apa yang dilakukan, termasuk rotasi mutasi, sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Sayangnya, penjelasan panjang Hengky Kurniawan masih menjadi tanda tanya publik.

“Agar lebih jelas dan tidak gagal paham, intinya menerima bonus atau promosi pak? Mohon penjelasannya agar masyarakat tidak menebak-nebak,” kata @hab******.

Sayangnya, pertanyaan tersebut tidak mendapat jawaban dari Hengky Kurniawan.