Jangan Ketinggalan, Ayo Dapatkan Beasiswa S2 untuk Jurnalis Lewat BRI Fellowship Journalism – Berita Jatim

by
Jangan Ketinggalan, Ayo Dapatkan Beasiswa S2 untuk Jurnalis Lewat BRI Fellowship Journalism

Pahami.id – Tinggal beberapa hari lagi masa pendaftaran Program Jurnalistik Fellowship BRI. Tepat tanggal 9 Desember 2023 akan menjadi kesempatan berharga bagi para jurnalis terbaik Tanah Air yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dan tetap bisa mendaftar beasiswa.

Seperti diketahui, program yang bertajuk Beasiswa Jurnalis Bijaksana ini sejak tahun 2013 dan 2018 telah memasuki gelombang 5. Pada tahun ini, program yang juga merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli ini memberikan 50 beasiswa S2 bagi para jurnalis.

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto mengatakan, BRI yang telah lama bekerja sama dengan media terus berupaya memberikan apresiasi berupa peningkatan kualitas jurnalis Indonesia. Selain itu, Agus juga berharap program ini menjadi kolaborasi BRI dan media dalam menyampaikan informasi yang benar dan terukur kepada masyarakat.

“Fellowship Jurnalistik BRI 2024 diharapkan menjadi ruang untuk mengembangkan kompetensi insan media dalam memberi makna bagi Indonesia,” ujarnya.

Tema besar yang diangkat pada BRI Journalism Fellowship 2024 adalah “Memberi Makna Bagi Indonesia”. Dengan tema tersebut, tulisan para jurnalis secara tidak langsung diharapkan dapat berkontribusi dalam membangun semangat positif untuk menggerakkan perekonomian nasional, khususnya di kalangan sektor UKM.

Apalagi saat ini BRI merupakan lembaga keuangan milik pemerintah yang mendorong pemberdayaan UKM secara nasional, lanjutnya.

Beberapa syarat yang ditetapkan dalam program ini adalah jurnalis aktif di perusahaan media yang telah tersertifikasi Dewan Pers, dengan kualifikasi minimal jurnalis muda, dan usia maksimal 45 tahun pada 31 Desember 2023.

Peserta juga perlu menyerahkan seluruh persyaratan pendaftaran ke situs resmi bri.co.id/fellowshipjournalism.

Sementara itu, untuk bisa mendaftar BRI Journalism Fellowship 2024, peserta juga diwajibkan mengikuti kompetisi jurnalisme BRI Write Fest. Peserta dapat mengakses informasi mengenai kompetisi melalui website bri.co.id/briwritefest.

Program Jurnalisme Fellowship BRI. (Dok: BRI)

Berikut jadwal pelaksanaan program Jurnalistik Fellowship BRI Tahun 2024:
*Periode Pendaftaran: 17 Oktober 2023 – 9 Desember 2023
*Pengumuman Hasil Pemilihan Administratif: 20 Desember 2023
* Hasil Tes Psikologi & Wawancara : Januari 2024
* Jurnalis di Lokasi: Februari – Maret 2024
* Pengumuman Pemenang Beasiswa Magister: April 2024