Jadi Duet Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Mahfud MD Cawapres dari Pulau Madura – Berita Jatim

by
Jadi Duet Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Mahfud MD Cawapres dari Pulau Madura

Pahami.id – Mahfud MD resmi menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, calon wakil presiden terpilih PDIP yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo adalah Pak Profesor Doktor Mahfud MD,” kata Megawati, Rabu (18/10/2023).

Megawati pun memuji Mahfud MD. Ia menyebutnya pembela rakyat kecil.

“Prof Mahfud juga ahli hukum dan pembela rakyat kecil. Saya bilang, jangan diam semua orang soal undang-undang ini,” ujarnya.

Mahfud MD merupakan penduduk asli Pulau Madura. Ia lahir di Sampang pada 13 Mei 1957. Namun masa kecilnya dihabiskan di Pamekasan.

Dikutip dari beberapa sumber, pendidikan dasarnya berakhir di Madrasah Ibtida’iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan dan di SD Negeri Waru Pamekasan.

Ia kemudian melanjutkan studinya di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), Sekolah Menengah Pertama 4 Tahun, Pamekasan Madura. Sebelum akhirnya melanjutkan studi di Yogyakarta pada Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), sekolah menengah 3 tahun.

Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan juga sedang menempuh pendidikan di Universitas Islam Indonesia (UII) untuk memperoleh gelar sarjana Hukum Tata Negara. Kemudian di Universitas Gajah Mada Yogyakarta mengikuti studi sarjana di Jurusan Sastra Arab.

Universitas Gajah Mada mengambil gelar master di bidang Ilmu Politik. Program doktoralnya diambil di Universitas Gajah Mada pada bidang studi Hukum Tata Negara.

Mahfud MD menjadi calon wakil presiden pertama yang berasal dari Pulau Madura.