Hari Ini, KPK Bakal Periksa Suami Zaskia Gotik – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Suami Zaskia Gotik, Sirajuddin Mahmud dijadwalkan menghadiri pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Senin (16/10/2023). Dia dipanggil sebagai saksi atas dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika, Papua.

“Sudah surat panggilan untuk saksi Sirajuddin Mahmud,” kata Ketua KPK Ali Fikri, pekan lalu.

Ini kali kedua Sirajuddin Mahmud dipanggil KPK. Ia mangkir tanpa alasan yang jelas pada panggilan pertama, Senin (9/10/2023).

Ini gugatan kedua, kata Ali Fikri.

Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Sabang (Instagram/@zaskia_gotix)

Untuk pemanggilan kedua ini, KPK mengingatkan Sirajuddin Mahmud untuk kooperatif. Akan ada konsekuensi hukum jika dia menghalangi penyelidikan.

Kami ingatkan para saksi untuk kooperatif. Salah satu kewajiban hukum saksi adalah hadir memenuhi panggilan penyidik, kata Ali Fikri.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah suami Zaskia Gotik akan hadir atau tidak dalam panggilan KPK hari ini. Dia tidak memberikan pernyataan apapun terkait hal tersebut.

Sementara itu, Zaskia Gotik diketahui mulai menjual sejumlah aset setelah suaminya mendapat undangan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi. Terbaru, ia menjual rumah di Cikarang, Jakarta beserta isinya dengan harga relatif murah.

KPK sendiri sebelumnya menangkap 4 tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika, Papua. Mereka adalah Totok Suharto (PNS Mimika), Gustaf Urbanus Patandianan (Pimpinan Cabang PT Satria Creasindo Prima), Winaga Arif Yahya (Direktur PT Dharma Winaga Arif Yahya) dan pihak swasta bernama Budiyanto Wijaya.

Dari hasil pemeriksaan, keempat tersangka yang disebut penyidik ​​KPK meraup keuntungan pribadi hingga Rp 3,5 miliar. Sementara total kerugian negara akibat perbuatan mereka diperkirakan mencapai Rp 11,7 miliar.

Dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika, Papua sendiri merupakan pengembangan dari kasus yang menjerat Bupati Eltinus Omaleng.