Hadiri PRS BRI di Pasuruan, Erick Thohir: Event Ini Penting sebagai TWadah Literasi bagi UMKM – Berita Jatim

by
Hadiri PRS BRI di Pasuruan, Erick Thohir: Event Ini Penting sebagai TWadah Literasi bagi UMKM

Pahami.id – Dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) selalu menjadi fokus utama BRI untuk mengembangkan pangsa pasarnya. Tahun ini BRI kembali menghadirkan Parti Rakyat Simpedes (PRS) persembahan Tabungan BRI Simpedes pada tanggal 26-27 Agustus 2023 di Taman Candra Wilwatika, Pandaan, Jawa Timur.

Turut hadir pada hari kedua (27/8/2023), Menteri BUMN RI Erick Thohir, Direktur Utama BRI, Sunarso, Kepala Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidia Sasongko, Jajaran BRI Direksi dan Dewan Komisaris, serta Direksi BRI Grup Lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir mengatakan, inisiatif pemberdayaan UKM seperti Parti Rakyat Simpedes penting sebagai upaya menyebarkan literasi keuangan dan membantu para pegiat UKM. Selain itu, Erick juga mengapresiasi upaya transformasi di perusahaan pelat merah seperti BRI yang selalu digalakkan. Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu kontribusi dan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurut Erick, sebagai agen pembangunan, BUMN berperan dalam percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat, selain melalui berbagai program pemberdayaan pelaku usaha, juga dalam hal pemberian pinjaman kepada pelaku usaha, salah satunya adalah pembukaan. akses seluas-luasnya terhadap layanan keuangan bagi masyarakat.

Senada, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, acara ini menjadi momentum kebangkitan UMKM Indonesia untuk menggerakkan perekonomian negara.

“PRS telah menjadi acara rutin setiap tahun di BRI sejak tahun 2008 sebagai wadah pemberdayaan UMKM. Setiap tahunnya BRI melakukan PRS tidak kurang dari 300 titik di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Istimewa pada tahun ini. Ajang PRS telah berlangsung sejak bulan Juli 2023, tahun ini PRS akan dilaksanakan di 382 titik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melibatkan sekitar 5.000 UKM. Seperti diketahui, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang mencapai 64,2 juta memberikan kontribusi sebesar 61,07% terhadap PDB atau sebesar Rp 8.573,89 triliun. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia juga mampu menyerap 97% total tenaga kerja Indonesia.

Berkaca dari kondisi tersebut, BRI menilai UKM di Indonesia sangat membutuhkan edukasi yang konsisten dan berkelanjutan dibandingkan advokasi. Sejauh ini, beberapa wujud komitmen BRI dalam pemberdayaan UMKM antara lain dengan pembentukan Holding Ultra Mikro bersama Pegadaian dan PNM,” imbuhnya.

BRI juga melakukan pemberdayaan UKM seperti pembentukan komunitas Kampung BRILian yang merupakan program pemberdayaan potensi desa untuk menciptakan ketahanan ekonomi yang berkelanjutan. Kemudian membuat platform digital LinkUMKM untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf yang turut hadir dalam upacara tersebut mengapresiasi peran BRI dalam mendukung perekonomian daerah.

“Acara ini merupakan kolaborasi penting antara instansi pemerintah dan lembaga keuangan seperti BRI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Irsyad.

Sunarso menambahkan, PRS sendiri juga menjadi momentum bagi para pelaku UKM untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas, sehingga melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan penjualan atau pendapatan dari para pelaku usaha. Dalam kegiatan PRS ini BRI juga memberikan fasilitas kepada pelaku UKM untuk memperluas pemasaran, mendapatkan pelatihan pengembangan usaha, dan peluang kerjasama bisnis.

PRS Pandaan BRI menghadirkan lebih dari 150 UKM binaan BRI terkemuka di Jawa Timur dan dalam dua hari dihadiri lebih dari 20.000 nasabah BRI Grup, masyarakat umum, dan ratusan komunitas pegiat budaya Jawa Timur. Selain berbagai program pemberdayaan UMKM dan literasi keuangan digital, serangkaian acara seni dan hiburan menarik juga dihadirkan dalam acara tersebut. Mulai dari parade seni budaya yang diikuti lebih dari 500 peserta meliputi parade band, parade busana, reog dan jaranan, parade budaya majapahitan antar desa, hingga pertunjukan wayang khusus.

Kegiatan PRS semakin meriah dengan hadirnya berbagai bintang tamu, mulai dari Via Vallen, Inul Daratista, Slank, Gigi, hingga Repvblik. Selain itu PRS kali ini juga memberikan berbagai diskon dan pilihan produk UMKM unggulan, aneka kuliner jajanan, pemeriksaan kesehatan dan sembako gratis, edukasi seputar bisnis dan literasi digital, wahana permainan dan kompetisi e-sports, hadiah panen dan berbagai lainnya. hiburan.

Dalam acara ini, para pelaku usaha mengikuti jenjang pendidikan berupa kelas UMKM yang hadir dengan dua tema utama yaitu, “Kembangkan Bisnis Anda dan Hasilkan Produk yang Anda Cintai” dan “Posisi Merek dan Ciptakan Konten Dasar”. Dengan diadakannya kelas UMKM, para pelaku UMKM dapat meningkatkan dan memberikan ilmu serta bekal untuk mencapai kesuksesan dalam dunia usaha.

Pada seri PRS juga diberikan layanan lengkap kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. Di sisi lain, BRI juga mendorong akuisisi merchant melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk memudahkan transaksi bagi UKM.