Gunung Lawu Masih Terbakar, Petugas Terus Berupaya Memadamkan Api – Berita Jatim

by
Gunung Lawu Masih Terbakar, Petugas Terus Berupaya Memadamkan Api

Pahami.id – Api Gunung Lawu masih belum padam. Titik panas terpantau menyebar ke arah Utara dan Timur pada Selasa (17/10/2023).

Petugas terus memantau perkembangan api dari Cemoro Sewu di Kampung Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan.

Kawasan hutan yang terbakar cukup menyulitkan. Petugas hanya memberikan peringatan sebagai upaya mencegah api semakin meluas.

Asisten Kehutanan BKPH Lawu Selatan Windu Prasitama mengatakan, api masih berkobar akibat angin kencang. Dari pantauan yang dilakukan, api menyebar ke arah Utara dan Timur.

“Kami masih memantau dan melakukan kewaspadaan karena lokasi kebakaran sulit dijangkau petugas pemadam kebakaran di utara dan timur, tapi di selatan juga ada tapi tidak terlalu besar,” kata Windu dikutip dari Beritajatim.com – Suara. jaringan com.

Kata dia, kebakaran di Gunung Lawu menghanguskan beberapa padang rumput di sabana dan tanaman hutan campuran, seperti pohon kayu putih kristen dan lain sebagainya.

Laporan yang diterimanya, kebakaran masih terjadi di lahan 73 RPH Sarangan di Desa Getas Anyar, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan. Luas lahan yang terbakar mencapai 1.000 hektare.

Perhutani juga bekerja sama dengan warga sekitar untuk memadamkan api, dengan membuat api dan menyediakan pipa dari sumber air untuk digunakan memadamkan api.

“Banyak pipa warga yang bisa dijangkau dan bisa digunakan untuk memadamkan api jika api mendekati garis api, makanya peringatan dibuat di dekat pipa warga. Pengalaman tahun 2015 pipa warga tidak terselamatkan, tapi sekarang kami coba manfaatkan untuk memadamkan api,” kata Windu.