Elektabilitas Prabowo-Gibran Ungguli AMIN dan Ganjar-Mahfud Hampir di Seluruh Wilayah, Ini Daftarnya – Berita Jatim

by
Elektabilitas Prabowo-Gibran Ungguli AMIN dan Ganjar-Mahfud Hampir di Seluruh Wilayah, Ini Daftarnya

Pahami.id – Elektabilitas pasangan calon Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) di berbagai daerah mengungguli dua calon presiden dan wakil presiden lainnya.

Berdasarkan hasil survei Center For Strategic and International Studies (CSIS) mengenai Peta Terkini Pilpres Pasca Capres Debat Capres Periode 13-18 Desember, Prabowo-Gibran memimpin hampir di seluruh daerah.

Berdasarkan survei CSIS, Prabowo-Gibran unggul di berbagai daerah dibandingkan pasangan calon Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD (Ganjar-Mahfud).

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas Prabowo-Gibran di Sumatera mengungguli dua pasangan lainnya yakni sebesar 36,5 persen, disusul elektabilitas AMIN sebesar 34,4 persen, dan Ganjar-Mahfud sebesar 14,4 persen.

Elektabilitas Prabowo-Gibran juga unggul di Jawa Barat yakni 50,9 persen disusul AMIN 32,2 persen, dan Ganjar-Mahfud 11,3 persen.

Prabowo-Gibran memimpin berdasarkan tabel tingkat elektabilitas capres/cawapres versi survei CSIS di berbagai daerah. [IST]

Kemudian di Jatim, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul telak yakni 52 persen, disusul Ganjar-Mahfud 22,5 persen, dan AMIN 15 persen.

Prabowo-Gibran juga unggul di Bali dan Nusa Tenggara dengan persentase 45,7 persen, disusul Ganjar-Mahfud 30 persen, dan AMIN 14,3 persen.

Sementara di Kalimantan, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 41,3 persen, disusul AMIN 30 persen, dan Ganjar-Mahfud 12,5 persen.

Elektabilitas Prabowo-Gibran juga unggul di Sulawesi dan Gorontalo yakni 50 persen, disusul AMIN 25,6 persen, dan Ganjar-Mahfud 7,8 persen.

Kemudian di Maluku dan Papua, elektabilitas Prabowo-Gibran kembali memimpin yakni 57,5 ​​persen, disusul AMIN 32,5 persen, dan Ganjar-Mahfud 10 persen.

Calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Gibran. [Ist]
Calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Gibran. [Ist]

Paslon Prabowo-Gibran hanya imbang dan kalah tipis di empat daerah dengan AMIN dan Ganjar-Mahfud. Di Jakarta dan Banten, elektabilitas Prabowo-Gibran dan AMIN genap di angka 35,2 persen, disusul elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 10,5 persen.

Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, elektabilitas paslon Ganjar-Mahfud unggul di angka 43,5 persen. Keunggulan tersebut terpaut tipis dengan pasangan Prabowo-Gibran yakni 36,5 persen disusul AMIN 13 persen.

Demikian hasil survei Center For Strategic and International Studies (CSIS) mengenai Peta Terkini Pilpres Pasca Debat Capres Periode 13-18 Desember.

Diketahui, survei CSIS dilakukan dengan sampel 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan.

Berdasarkan domisilinya, survei dilakukan terhadap 56,5 persen penduduk di Pulau Jawa dan 43,5 persen penduduk di luar Pulau Jawa.

Prabowo-Gibran pada Debat Capres 2024 putaran pertama.
Prabowo-Gibran pada Debat Capres 2024 putaran pertama.

Sedangkan jika mengacu pada karakter wilayah, pihak yang disurvei dalam survei CSIS terdiri dari penduduk perkotaan sebesar 56,5 persen dan penduduk pedesaan sebesar 43,5 persen.

Pengambilan sampel dilakukan secara acak lengkap dengan menggunakan metode multistage random sampling. Pengambilan sampel memperhatikan proporsi antara jumlah pemilih dengan jumlah sampel di setiap daerah, proporsi perempuan dan laki-laki serta kategori wilayah perkotaan dan perdesaan. Unit pengambilan sampel primer (PSU) berada di tingkat desa/mukim.

Jumlah sampel yang terlibat dalam survei ini sebanyak 1.300 orang yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Dengan menggunakan sampel sebanyak 1.300 orang, margin kesalahan survei ini sekitar -2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.