Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Disebut Unggul Telak, Sudah Lebih dari 50 Persen – Berita Jatim

by
Prabowo-Gibran Tak Kalah Perkasa dari AMIN di Wilayah Anies Baswedan, Ganjar-Mahfud Tertinggal Jauh

Pahami.id – Calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di depan survei Pemilihan presiden tahun 2024 yang dilakukan oleh The Republic Institute. Nyatanya, Prabowo-Gibran cukup jauh mengungguli dua kompetitornya di tahun ini Jawa Timur.

Peneliti Utama Republic Institute Sufyanto mengatakan Paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul jauh dibandingkan Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Prabowo-Gibran lebih unggul di Jatim atas Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN),” kata Sufyanto saat pemaparan di Surabaya, Selasa (23/1/2024).

Berdasarkan survei The Republic Institute di Jawa Timur, elektabilitas paslon 02 Prabowo-Gibran sebesar 54,2 persen. Kemudian paslon 03 Ganjar-Mahfud mendapat 27,4 persen, dan paslon 01 AMIN mendapat 15,3 persen.

“Ada 3,1 persen responden yang belum menentukan pilihan,” tambah Sufyanto.

Sufyanto menjelaskan paslon 02 unggul hampir di seluruh daerah di Jatim. Seperti di kabupaten/kota antara lain Kota Surabaya, Sidoarjo, Kota Pasuruan, Pasuruan, Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang, Jember, Kota Malang, Kota Batu, Malang, Blitar, Kota Kediri, Kediri, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi, Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang dan Pamekasan.

Sedangkan pemilih yang mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD tersebar di seluruh kabupaten/kota antara lain Tulungagung, Kota Blitar, Magetan, Tuban, dan Sumenep. Kemudian jumlah pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya tinggi di Kabupaten Situbondo.

Ada dua daerah yang memiliki nilai elektabilitas sama, yakni Kabupaten Bojonegoro yang nilai elektabilitas Prabowo-Gibran sama dengan nilai elektabilitasnya. Anies-Muhaimin dan Kota Mojokerto, nilai elektabilitas Prabowo-Gibran sama dengan nilai elektabilitas Ganjar-Mahfud.

“Prabowo-Gibran hanya kalah di Situbondo dan Bojonegoro dari paslon AMIN, kemudian di Sumenep Prabowo-Gibran kalah dari Ganjar-Mahfud,” jelas Sufyanto.

Kemudian, lanjut Sufyanto, untuk pembagian pemilih calon presiden dan wakil presiden berdasarkan ormas sosial keagamaan di Jatim, pemilih yang dikenal dengan nama Jemaah Nahdlatul Ulama (NU) memilih Prabowo-Gibran sebesar 52,1 persen, Ganjar-Mahfud 29 persen. , dan Anies-Muhaimin 17,1 persen. Kemudian pemilih Muhammadiyah yang memilih Prabowo-Gibran sebanyak 55,6 persen, Ganjar-Mahfud 26,7 persen, dan Anies-Muhaimin 14,4 persen.

“Untuk pemilih yang menyatakan tidak mengidentifikasi diri dengan organisasi mana pun, persentase Prabowo-Gibran sebesar 62,9 persen, Ganjar-Mahfud MD 20,5 persen, dan persentase Anies-Muhaimin 8,1 persen, kata Sufyanto.

Sebagai informasi, Kajian Republic Institute Pilpres Jatim dilakukan pada 1-8 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.400 orang. Jajak pendapat ini memiliki margin kesalahan sebesar 2,62 persen.

Kontributor: Dimas Angga Perkasa