Dukung Pertumbuhan Sektor Properti di Jatim, Gubernur Khofifah Raih The Most and Smart Inspiring Woman Leader – Berita Jatim

by
Dukung Pertumbuhan Sektor Properti di Jatim, Gubernur Khofifah Raih The Most and Smart Inspiring Woman Leader

Pahami.id – Sektor real estate memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Pada triwulan II 2022, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,74% (yoy), sedangkan sektor real estate masuk dalam 10 besar jenis lapangan usaha penyumbang pertumbuhan PDRB Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan Majalah Properti dan Bank Indonesia XVII, serta Penghargaan Indonesia My Home Award VI, kategori Pemimpin Wanita Inspiratif Paling Bijaksana dan Cerdas Tahun 2023, di peristiwa. Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Senin, (20/3/2023) malam.

“Alhamdulillah, Jatim kembali mendapatkan apresiasi. Saya ucapkan terima kasih, sekaligus mengapresiasi kinerja sektor real estate (properti) yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap pertumbuhan PDRB Jatim,” ujarnya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Pelaksana Jaringan Media Wartawan Indra Utama dan Kepala BNPT RI Pol Boy Rafli Amar yang diterima langsung Gubernur Khofifah. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi yang diberikan atas komitmen Gubernur Khofifah dalam mendukung pertumbuhan sektor real estate di Jawa Timur.

Terkait penghargaan yang diterima, Gubernur Khofifah mengatakan, penghargaan ini ditujukan kepada seluruh pemangku kepentingan di Jatim, khususnya pengembang.

Kontribusi sektor real estate terhadap perekonomian Jawa Timur triwulan II tahun 2022 sebesar 1,65, kemudian PDRB sektor real estate triwulan II tahun 2022 sebesar Rp 7.914,26 miliar.

“Pekerjaan di sektor properti rata-rata padat karya. Oleh karena itu, akan berjalan seiring dengan berbagai upaya, terutama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengurangan pengangguran di Jawa Timur,” jelasnya.

Menurutnya, kontribusi real estate terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur menjawab prediksi Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva, yang mengatakan pada tahun 2023 ekonomi dunia cenderung gelap.

Prediksi tersebut, kata Gubernur Khofifah, bisa diatasi, salah satunya melalui penghargaan malam ini. Ia optimistis mereka akan pulih bersama, pulih lebih kuat. Bahkan berharap, semua menjadi pengubah permainan, semua bisa membalikkan keadaan. Mereka akan melakukan banyak lompatan.

“Bukan sekedar CEO tetapi pemimpin yang tangguh dan pemimpin yang mampu mengubah dunia melalui penguatan berbagai kemitraan yang kuat dengan dunia perbankan dan real estate di tanah air,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Iwan Suprijanto mengatakan, bisnis real estate terus berkembang. Meski di masa pandemi, trennya masih positif yakni 1,72 persen. Setidaknya tumbuh 1-2 persen dan mampu menggerakkan 174 sektor usaha lainnya, mulai dari bisnis bahan bangunan, perbankan termasuk bisnis internal.

“Real estate cukup berpengaruh dan memiliki kontribusi besar. Kami akan dorong pengembangannya pascapandemi Covid-19 menjadi strategi pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, sektor perumahan di Indonesia masih mengalami permasalahan dan tantangan terutama ketidakseimbangan antara supply dan demand, sehingga menjadi target Dirjen Perumahan tahun 2020-2024 untuk meningkatkan jumlah rumah tangga yang menghuni rumah layak huni dari 56,70% menjadi 70,%.

Ada 7,8 juta rumah tangga yang tidak tinggal di rumah layak huni, dengan proyeksi pertumbuhan 3,2 juta rumah tangga baru hingga tahun 2024.

“Arah kebijakan yang diambil pemerintah adalah secara bertahap memberikan akses masyarakat terhadap perumahan yang layak dan aman terjangkau untuk mewujudkan kota inklusif dengan intervensi langsung sebesar 40%, sedangkan 60% sisanya untuk intervensi tidak langsung,” jelasnya.

Ketua Pelaksana Jaringan Media Wartawan Indra Utama menambahkan, terpilihnya Gubernur Khofifah bukan sekadar gaya kepemimpinan perempuan yang mampu memimpin Jawa Timur. Dia melihat rekam jejak Gubernur Khofifah di sektor real estate.

“Saya amati, dan minta masukan dari beberapa teman di bidang real estate di Surabaya, Gresik, dan Malang. Mereka bilang bagus, karena selama ini dia mendukung dan memperhatikan industri real estate,” ujarnya.

Penyerahan Kategori Penghargaan “Tokoh Tebar Persatuan dan Toleransi Indonesia Tahun 2023 Kepala BNPT RI Jenderal Pol Boy Rafli Amar, Kategori Penghargaan “Kantor Negara Berhasil Merangsang Pertumbuhan Industri Pariwisata Melalui Pengembangan Destinasi Baru” RI Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno, diwakili oleh Plt Deputi Bidang Perindustrian dan Investasi RI Oni Yulfian.

Penyerahan Penghargaan Kategori “Best The Great Leader in Property Business” Direktur Utama Grup Ciputra Budiarsa Sastrawinata, Penyerahan Penghargaan Kategori “The Most Admired CEO Bank Milik Negara” Direktur Utama PT BRI Persero, Sunarso, Presentasi Penghargaan untuk Kategori Leader “Wanita Inspiratif” di Bisnis Properti” CEO Central Group Princip Muljadi.

Penyerahan Penghargaan Direktur Kategori Sinar Mas Land Herry Hendarta “The Best Leader in Marketing Strategy and Innovation”. Pemberian Penghargaan untuk Kategori Layanan “Best Head of Digital Ecosystem with Smart City Program” dan Direktur Jaringan PT. BNI (Persero) Ronny Venir

Turut hadir, Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Iwan Suprijanto, Deputi Pengelola Produk Pariwisata dan Produk Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Oni YulfianI, Ketua DPP Properti Indonesia , Ketua Tim Juri Roy Sembel, Ketua Pelaksana Wartawan Jejaring Media, Ka. Diskominfo Prov. Sekretariat Ekonomi Daerah Jawa Timur dan Karo Prov. Jawa Timur