Capek Urus Tante-Tante se-Indonesia, Tompi Cuek Soal Royalti Lagu – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Isu pembayaran royalti masih menjadi isu hangat di kalangan musisi. Nama besar seperti Ahmad Dhani dan Once Mekel juga menghadapi masalah ini.

Menariknya, masih ada musisi yang tidak mempermasalahkan masalah pembayaran royalti. Dia adalah Teuku Adifitrian atau Tompi.

Memang masalah (royalty payment) cukup ramai, tapi saya tidak peduli, kata Tompi saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).

Tompi bahkan mengizinkan orang mengcover lagunya tanpa meminta royalti. “Ada beberapa musisi YouTube yang meminta izin untuk mengcover lagu itu, saya langsung setuju,” kata pelantun “Stab My Heart” itu.

Tak mau berebut royalti, Tompi memilih mencari uang dari pekerjaannya sebagai dokter bedah.

“Pada dasarnya saya tidak bergantung pada musik untuk hidup saya, jadi saya cukup cuek (untuk membayar royalti),” kata Tompi.

Kesibukan di dunia medis menjadi perhatian Tompi. Pria berusia 44 tahun itu tidak punya waktu untuk mengatur pembayaran royalti.

“Saya juga tidak punya waktu. Pengasuh tante saya dari seluruh Indonesia sibuk,” canda Tompi. Tante yang dimaksud adalah pasien yang ingin merawat kecantikan melalui operasi plastik.

Karena itu, Tompi terus mendukung musisi lain yang hingga saat ini memperebutkan royalti. Para musisi, dokter, dan sutradara film ini menyadari bahwa masing-masing memiliki kapasitas yang berbeda untuk menghasilkan uang.

“Ada teman-teman musisi lain yang hanya mencari nafkah dari lagu, jadi bagi yang menuntut (royalti) saya kira tidak apa-apa,” kata Tompi.

“Itu hak mereka. Musik adalah kekayaan intelektual yang mendapat tempat khusus,” tambah Tompi.