Duhh, Stadion Gajah Mada Mojokerto Dipenuhi Sampah – Berita Jatim

by
Duhh, Stadion Gajah Mada Mojokerto Dipenuhi Sampah

Pahami.id – Beredar video yang memperlihatkan kondisi Stadion Gajah Mada di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, dipenuhi sampah koran.

Video tersebut viral di media sosial Facebook. Video tersebut memperlihatkan keadaan stadion yang dipenuhi sampah.

Dalam keterangan videonya tertulis, “Wong’e Teko Rek… Agenda PRE-LAUNCH MATCH penyelenggara PASURUAN UNITED, launching Sabtu, tanggal 5 Desember 2023 LEAGUE 3 KOPI akan dimulai… Yuk , aksi sosial. , rekk, ambil sampah buat HOME BASE kita… Ingat…!!! Kita HOST lho…yohhh…”.

Stadion Gajah Mada merupakan stadion klub yang berlaga di Liga 2 yaitu PS Mojokerto Putra (PSMP).

Dari unggahan tersebut diketahui banyaknya sampah di Stadion Gajah Mada diduga berasal dari jemaah yang menghadiri pengajian Gus Iqdam. “Alhamdulillah, alangkah baiknya jika sampah tersebut ditinggalkan oleh jamaah yang salat bersama Gus Iqdam. Puluhan ribu orang datang ke Stadion Gajah Mada, demikian bunyi keterangan perekam.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto Norman Handito mengatakan, ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh penyewa stadion.

Salah satunya adalah pembayaran sewa. Selain itu, juga memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi.

“Sewakan kepada kami selaku pengelola stadion, satu dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang ada, dan kedua dengan membayar biaya sewa sesuai Peraturan Provinsi. Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya atau lokalisasi sampah masih rendah, ujarnya, dikutip dari jaringan Beritajatim.com-Pahami.id, Rabu (29/11/2023).

Dijelaskannya, penyewa stadion wajib menjaga keutuhan fasilitas dan kebersihan stadion. Oleh karena itu, Norman berharap para penghuni stadion menjaga kebersihannya usai acara berakhir.

“Penyewa harus bertanggung jawab atas integritas fasilitas dan kebersihan stadion. Namun informasi dari petugas kami, pembersihan sudah dilakukan meski belum tuntas. Lanjutkan sampai bersih,” ujarnya.

Sebelumnya, kajian publik yang menampilkan Muhammad Iqdam Khalid yang akrab disapa Gus Iqdam digelar di Stadion Gajah Mada, Selasa (28/11/2023). Pembacaan tersebut digelar dalam rangka pengangkutan dan peresmian Masjid As-Sunartin di Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.