Duhh! Puluhan Siswa SMP di Magetan Sayat Tangannya Sendiri, Alasannya Bikin Miris – Berita Jatim

by
Duhh! Puluhan Siswa SMP di Magetan Sayat Tangannya Sendiri, Alasannya Bikin Miris

Pahami.id – Puluhan siswi di salah satu SD di Magetan diketahui tega potong tangan sendiri. Dari penggeledahan yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes), sedikitnya 76 siswa mengalami luka luka di bagian tangan secara tidak sengaja.

Terungkap juga alasan para siswa memutuskan untuk memotong tangga. Ada yang karena masalah keluarga atau pacar.

Disadur dari Beritajatim.com–jaringan Pahami.id, Kepala Dinas Kesehatan Magetan, Dr. Rohmat Hidayat mengatakan, kasus tersebut diketahui setelah salah satu mahasiswa dikabarkan mengalami luka di bagian lengan bawah.

Pihaknya kemudian bergerak memeriksa sejumlah mahasiswa. Sebanyak 76 siswi ditemukan sengaja melukai tangannya. Mayoritas aksi tersebut dilakukan oleh siswi.

Dinkes Magetan menemukan luka sayatan di bagian lengan bawah. Setelah ditanya, tangan mereka dipotong dengan berbagai alat.

“Ada yang mengaku memotong tangan menggunakan pecahan kaca, jarum, dan penggaris. Alasannya membuat kami kaget, ada yang mengaku punya masalah keluarga, ada juga yang karena pacarnya, kata Rohmat, Rabu (18/10/2023).

Ia mengatakan, luka tersebut tidak berbahaya karena hanya di bagian atas saja. Itu tidak menembus vena, apalagi arteri.
Meski demikian, ia tetap memperhatikan para pelajar, terutama kesehatan mentalnya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA), Kementerian Agama, untuk ikut serta menangani masalah ini. “Tentunya kami akan mendatangkan psikolog untuk para mahasiswa ini,” kata Rohmat.