Dituding Jualan di TikTok Rugikan UMKM, Baim Wong Bingung – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Baim Wong merupakan salah satu artis yang aktif berjualan langsung di TikTok. Produk yang dijual suami Paula Verhoeven ini mulai dari furnitur rumah, peralatan masak, elektronik hingga makanan.

Baim Wong pun memperlihatkan keadaan kantornya yang penuh dengan produk-produk jualannya yang ia promosikan saat live TikTok.

Baim Wong mengatakan, produk tersebut dikirim langsung oleh penjual ke kantornya untuk dijual saat TikTok live.

“Iya, barangnya saya bawa ke sini (ke kantor Baim Wong), karena masih mau dijual. Akhirnya saya jual di TikTok, membantu UKM,” kata Baim Wong di Youtube Afdhal Yusman, Mei 2023.

Suami Paula Verhoeven ini berdalih alasannya menjual TikTok secara langsung adalah untuk membantu UMKM. Baim bertindak sebagai host atau afiliasi.

Konten Kontroversial Baim Wong (Instagram/baimwong)

Di sisi lain, Baim Wong juga bingung karena langkahnya yang berniat membantu dengan menjual TikTok secara langsung justru dinilai merugikan pelaku UKM.

“Mereka hanya bilang kasihan pada UMKM saja, aduh kadang bingung. Persepsinya apa gan, kita mau bantu UMKM tapi mereka bilang manfaatkan UMKM,” kata Baim Wong.

Sementara itu, Baim Wong mengatakan, produk yang ada di kantornya berasal dari UKM yang barangnya tidak dijual di toko offline.

Karena itu, Baim Wong membantu mempromosikan dan menjualnya melalui live TikTok miliknya.

“Padahal ini membantu UKM. Ini semua karena kadang barang yang mereka jual bukan di toko, tapi dijual secara online. Iya, tapi itu persepsi, kita tidak tahu benar atau salah,” kata Baim Wong.