Disinggung Megawati Soekarnoputri Mengenai Jalan Politik, Khofifah: Beliau Sedang Cerita Demokrasi – Berita Jatim

by
Disinggung Megawati Soekarnoputri Mengenai Jalan Politik, Khofifah: Beliau Sedang Cerita Demokrasi

Pahami.id – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung Khofifah Indar Parawansa dalam pidatonya saat peresmian Kebun Raya Mangrove, di wilayah Gunung Anyar, Rabu (26/7/2023).

Megawati sempat mengaku sudah berteman lama dengan Gubernur Jawa Timur itu. Namun,
dia tidak akan pernah mengatur jalan politik Khofifah. Karena menurutnya, mantan Menteri Sosial itu berhak menentukan arah politiknya sendiri.

“Kayak Mbak Khofifah, saya temenan sama dia. Saya dengar kan, mau jadi gini mau jadi gini. Yo karepe (ya terserah) Mbak Khofifah. Tanya saja apakah saya pernah telepon?,” ungkap mantan presiden RI ke-5 itu.

Saat ini, Khofifah memang digadang sebagai figur yang akan menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

Khofifah dalam kesempatan di Surabaya tidak mau menanggapi pernyataan Megawati. Dirinya menilai, pernyataan tersebut hanya konteks bicara tentang demokrasi.

“Beliau itu loh sedang bercerita apa itu demokrasi,” katanya saat ditemui awak media di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (27/7/2023).

Ketua Muslimat NU itu mengaku, sudah lama punya kedekatan dengan Megawati. Tepatnya sejak era Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid. Saat itu Megawati merupakan Wakil Presiden. Sementara itu, Khofifah kerap diminta sebagai juru ketik Gus Dur dalam berbagai pertemuan.

“Kalau ada pertemuan tokoh nasional tidak boleh bawa staf. Tapi Gus Dur butuh, saya yang mengawal Gus Dur. Kebetulan saya yang bisa ngetik. Saya waktu itu, di 1999, sudah bawa laptop,” tambahnya.

Terkait dengan langkah politiknya tahun depan, gubernur kelahiran Surabaya ini pun tak mau banyak bicara. Dia lebih memilih fokus menuntaskan pekerjaannya saat ini. Yakni memimpin Jatim.

“Aku iki pokoke tak kerjo (saya ini pokoknya mau kerja) sebaik-baiknya,” tegasnya.

Kontributor : Yuliharto Simon Christian Yeremia