Desa Sukomulyo Manfaatkan BRImo, QRIS, dan AgenBRILink untuk Ekonomi Lokal Berkelanjutan – Berita Jatim

by
Desa Sukomulyo Manfaatkan BRImo, QRIS, dan AgenBRILink untuk Ekonomi Lokal Berkelanjutan

Pahami.id – Kreatifitas dan keberlanjutan menjadi kunci Kampung Sukomulyo dalam mengembangkan beberapa bidang kewirausahaan. Keberhasilan ini juga menyebabkan desa menjadi “DESA YANG SANGAT BAIK Pengembang Wirausaha Terbaik 2023”.

Desa Sukomulyo terletak di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Dengan luas wilayah 361.670 hektar, desa ini dihuni oleh 10.270 jiwa. Slogan “Boleh Seronok Puan” menjadi semangat desa dalam melaksanakan visi dan misinya.

Slogan tersebut merupakan akronim dari bersih, asri, sejuk, asri, sejahtera, inovatif, kreatif dan berbudaya.

Kepala Kampung Sukomulyo, H Subiyanto mengaku bangga dan bersyukur atas capaian desanya dalam program Kampung BRILiaN 2023. Menurutnya, capaian tersebut tidak lepas dari upaya dan fokus pemerintah desa dalam berkolaborasi dan berinovasi untuk perekonomian setempat. perkembangan.

“Perolehan predikat ini menjadi bukti bahwa Kampung Sukomulyo mampu mewujudkan komitmennya mengembangkan dunia usaha. “Diharapkan dapat menginspirasi desa-desa lainnya,” kata Subiyanto, Senin (22/1/2024).

Pisang merupakan salah satu komoditas unggulan di Kampung Sukomulyo. (dokter. BRI)

Menerapkan kreativitas dan keberlanjutan

Subiyanto menjelaskan, kreativitas dan keberlanjutan diterapkan dengan baik pada bidang usaha yang dikelola Perusahaan Milik Kampung (BUMDes) Maju Makmur Sejahtera Global Sukomulyo.

Karena diusahakan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan, lanjutnya, produk usaha dari Kampung Sukomulyo memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih aman. Selain itu, produk ini juga memiliki daya saing di pasar lokal dan regional. Selain itu, permintaan akan produk ramah lingkungan dan berkelanjutan semakin meningkat.

Lanjutnya, ada tiga industri unggulan di desanya. Pertama, industri kreatif di bidang fashion dan tekstil. Produk terkenalnya antara lain bordir Kamulyan yang merupakan warisan budaya desa dan eco-print Batik Darma Segaran.

Kedua, agrobisnis. Lahan kebun dan pertanian di desa digunakan untuk pengolahan dan penjualan. Komoditi utama di desa ini adalah buah markisa, pisang dan kelengkeng.

Ketiga, budidaya perikanan. Desa tersebut membudidayakan ikan di danau desa yang juga dijadikan tujuan wisata bernama Wisata Terapung Damar Segar Global (Wadasglow).

Subiyanto menjelaskan, Wadasglow menawarkan pengalaman wisata kuliner dan edukasi menarik di danau desa. Hidangan kuliner yang disediakan antara lain kopi, soto ayam, nasi krawu, dan rujak cingur. Selain itu juga terdapat kolam pemancingan yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin memancing.

“Selain sebagai tempat rekreasi, Wadasglow juga berperan dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat setempat. “Wisata ini melibatkan masyarakat lokal dalam berbagai kegiatan seperti pengelolaan wisata, kuliner, dan budidaya ikan,” jelasnya.

Peran BUMDes dalam perekonomian desa

Subiyanto menjelaskan BUMDes Pengembangan Kesejahteraan Global Sukomulyo telah berperan penting dalam meningkatkan perekonomian Desa Sukomulyo. Manfaat tersebut diperoleh dari beberapa unit bisnis yang didirikan.

Pertama, Himpunan Operator Air Minum (Hipam) yang memberikan akses air bersih bagi warga desa. Kedua, unit perbelanjaan yang menawarkan beragam produk dan layanan kepada warga.

Ketiga, unit simpan pinjam yang memberikan permodalan bagi pedagang kecil. Keempat, unit pariwisata yang membantu mengelola potensi wisata desa. Kelima, unit pengelolaan sampah yang menawarkan solusi pengelolaan sampah berkelanjutan.

Terakhir, layanan AgenBRILink yang membantu warga desa mengakses berbagai layanan perbankan.

AgenBRILink merupakan layanan officeless banking yang diprakarsai oleh BRI. Dalam pelaksanaannya BRI bekerja sama dengan nasabah sebagai agen yang dapat memberikan layanan transaksi perbankan kepada masyarakat yang belum memiliki rekening bank. Dari setiap transaksi, agen mendapat bagian keuntungan dari BRI.

Transaksi perbankan yang didukung AgenBRILink antara lain transfer, penyetoran, atau tarik tunai. Selain itu, layanan ini juga dapat memudahkan urusan keuangan lainnya, seperti pembayaran tagihan listrik, iuran BPJS Kesehatan, cicilan kredit, dan pembelian kredit.

Di Kampung Sukomulyo, BUMDes Maju Sejahtera Global Sukomulyo bertindak sebagai Agen BRILink. Subiyanto mengatakan warga sangat terbantu dengan hadirnya produk keuangan digital BRI.

“Mereka bisa bertransaksi tanpa harus antri di bank, sehingga memungkinkan efisiensi waktu dan pertimbangan kebutuhan,” ujarnya.

Penggunaan produk digital BRI

Selain AgenBRILink, Desa Sukomulyo juga menggunakan layanan keuangan digital BRI lainnya. Salah satunya BRImo. Masyarakat memanfaatkan Supperapps BRI untuk kebutuhan perbankan dan transaksi keuangan umum seperti transfer, pembayaran tagihan, dan pengisian saldo dompet digital.

Keuntungan lain yang dirasakan menggunakan BRImo adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran dengan metode pemindaian Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Dengan BRImo, pengguna cukup memindai kode QRIS untuk menyelesaikan transaksi.

Warga Kampung Sukimulyo juga tertarik dengan metode pembayaran ini karena praktis. Sedangkan dari sudut pandang para pebisnis, cara ini aman dan tercatat dengan baik sehingga membantu para pebisnis dalam mengatur transaksi penjualannya.

Bagi pelaku usaha yang telah tergabung dalam BRI Merchant, transaksi melalui QRIS terhubung melalui aplikasi BRImerchant yang dapat diunduh di PlayStore.

Subiyanto mengatakan kehadiran produk keuangan digital BRI di Kampung Sukomulyo memberikan dampak positif terhadap inklusi keuangan dan perekonomian desa.

Akses yang lebih baik terhadap layanan keuangan juga dapat mendorong masyarakat desa untuk berpartisipasi lebih aktif dalam perekonomian dan mengembangkan usaha kecil dan menengah.

Kampung Sukomulyo dapat menyusun rencana ke depan untuk meningkatkan dampak positif tersebut, seperti dengan memberikan edukasi keuangan, pelatihan penggunaan produk digital, dan melakukan kerjasama dengan masyarakat sekitar.

“Pemanfaatan produk keuangan digital BRI oleh warga Kampung Sukomulyo membuat transaksi perbankan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien,” ujarnya.

Ia juga berharap ke depannya pemerintah melalui perbankan mampu memberikan dukungan yang kuat kepada desa-desa di Indonesia. Dukungan yang diharapkan mencakup pembangunan infrastruktur, pelatihan keterampilan dan pembiayaan usaha kecil.

“Dengan begitu, masyarakat desa dapat meningkatkan taraf hidupnya dan menciptakan perekonomian lokal yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Desa mana pun di Indonesia dapat berpartisipasi dalam program Desa BRILiaN. Jangan ragu untuk mengikuti program ini agar potensi desa anda dapat dikembangkan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai program Kampung BRILiaN, segera kunjungi atau hubungi kantor BRI Unit atau Mantri BRI Unit di desa Anda.