Cerita Pendaki Hipotermia di Gunung Lemongan Lumajang, Badannya Lemas – Berita Jatim

by
Cerita Pendaki Hipotermia di Gunung Lemongan Lumajang, Badannya Lemas

Pahami.id – Shohibbul Fatoni (21) warga Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo memutuskan tidak melanjutkan pendakiannya di Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Badannya lemas. Tubuhnya kedinginan atau hipotermia hingga akhirnya dievakuasi turun.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang diterjunakan menjemput korban.

“Kami mendapatkan informasi bahwa satu pendaki Gunung Lemongan di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang dilaporkan cedera saat melakukan pendakian pada Selasa (1/8),” kata Kepala Bidang Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kabupaten Lumajang Reza Aditya dikutip dari Antara, Rabu (2/8/2023).

Shohibbul Fatoni mendaki dengan tujuh orang temannya pada Minggu (31/7). Namun, dia tidak melanjutkan perjalanan karena cidera.

“Kami mendapatkan laporan bahwa korban mengalami hipotermia atau kedinginan dari Tagana Probolinggo,” katanya.

Kondisi korban tersebut diketahui usai Shohibbul menelepon ayahnya Hartono. Sang ayah langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Tagana Probolinggo dan meneruskan kepada Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang.

“Tidak membutuhkan waktu lama, tim 1 evakuasi segera melakukan penjemputan terhadap korban dan disusul dengan tim 2, sehingga mereka mengevakuasi korban dalam kondisi lemas,” katanya.

Reza mengungkapkan, pendaki yang cedera tersebut langsung mendapat penanganan dari tim medis di atas Pos 2 Pendakian Gunung Lemongan.

“Kemudian korban yang mengalami hipotermia selanjutnya dibawa menuju Puskemas Klakah dengan menggunakan ambulans Public Safety Center (PSC) 118 untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut di puskesmas setempat,” ujarnya.