Calon Mahasiswa UB Malang Wajib Tahu, Ini Aturan Baru Seleksi PTN 2024 – Berita Jatim

by
Calon Mahasiswa UB Malang Wajib Tahu, Ini Aturan Baru Seleksi PTN 2024

Pahami.id – Universiti Brawijaya (UB) Malang telah mengkoordinasikan aturan baru seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2024.

Dalam seleksi mahasiswa baru tahun depan, ada dua aturan baru. Pertama, siswa yang diterima pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) namun mengundurkan diri, tidak dapat lagi mendaftar pada Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBT) dan jalur mandiri.

Kedua, calon mahasiswa yang mendaftar melalui seleksi SNBT dapat memilih program studi lebih banyak.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB Malang Prof. Imam Santoso mengatakan, pelaksanaan Sistem Seleksi Mahasiswa (Selma) PTN 2024 akan berbeda sesuai aturan pemilihan PTN yang baru.

“Setiap calon siswa yang dinyatakan lulus SNBP 2024, SNBP 2023, dan SNBT 2022 tahun depan tidak dapat lagi mendaftar di SNBT,” ujarnya, dikutip dari jaringan TIMES Indonesia–Pahami.id, Rabu (13/ 13/2018). 12/2023).

Calon mahasiswa yang sudah lolos jalur SNBP sebaiknya diambil. Oleh karena itu, Imam mengingatkan kita untuk tidak menjadikan hal tersebut sebagai kesempatan untuk mencoba-coba.

“Apabila diterima dan tidak sesuai dengan prodi, pada akhirnya tidak diambil yang berdampak pada penerimaan SNBT dan juga jalur mandiri,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, calon mahasiswa yang lulus SNBP 2024 namun mengundurkan diri tidak dapat mendaftar melalui seleksi bebas pada tahun tersebut.

Imam tak memungkiri, banyak peserta yang diterima melalui jalur SNBP yang mengundurkan diri. Padahal, kata dia, persentase peserta yang melewati jalur tersebut cukup tinggi.

Persentase masyarakat yang diterima pada jalur SNBP sangat tinggi atau sebanyak 97 persen, namun masih ada peserta yang mengundurkan diri, ujarnya.

Ia berharap calon mahasiswa tidak menyia-nyiakan waktu jika diterima dalam proses seleksi.

Tak hanya itu, perubahan juga terjadi pada penerimaan siswa SNBT. Sebuah angin segar bagi calon mahasiswa yang dapat memilih maksimal 4 program studi pada tahun depan. Rinciannya adalah 2 pilihan Program Akademik Sarjana dan 2 pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan) dengan beberapa syarat.

Berikut aturan memilih program studi pada jalur SNBT:

1. Peserta yang memilih 1 pilihan program studi bebas memilih program studi mana saja. Misalnya, Triple Diploma, atau Quadruple Diploma/Gelar Sarjana Terapan, atau Gelar Sarjana.

2. Peserta yang memilih 2 pilihan program studi bebas memilih program apa saja. Misalnya, dua Triple Diploma, atau 2 Quadruple Diploma/Sarjana Terapan, atau 2 Gelar Sarjana, atau 1 Triple Diploma dan 1 Quadruple Diploma/Sarjana Terapan, atau 1 Triple Diploma dan 1 Sarjana, atau 1 Quadruple Diploma/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana .

3. Peserta yang memilih 3 pilihan program studi memilih 2 program akademik dan 1 program vokasi atau 1 program akademik dan 2 program vokasi. Misalnya, 2 Triple Diploma dan 1 Sarjana, atau 2 Quadruple Diploma/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana, atau 1 Triple Diploma dan 1 Quadruple Diploma/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana, atau 2 Sarjana dan 1 Triple Diploma, atau 2 Sarjana dan 1 Diploma . Empat / Sarjana Terapan.

4. Peserta yang memilih 4 pilihan program studi akan memilih 2 program akademik dan 2 program vokasi, dengan minimal 1 program Diploma Tiga. Misalnya 2 Sarjana, 1 Triple Diploma dan 1 Quadruple Diploma/Master Terapan, atau 2 Sarjana dan 2 Triple Diploma.