BRI Terkoneksi dengan SIPD untuk Dukung Digitalisasi Keuangan Daerah – Berita Jatim

by
BRI Terkoneksi dengan SIPD untuk Dukung Digitalisasi Keuangan Daerah

Pahami.id – Terus mendukung dan mendorong program digitalisasi keuangan pemerintah daerah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kini resmi terhubung dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri. Peluncuran kerjasama tersebut dilaksanakan pada Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah & Penganugerahan APBD Tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri RI pada 16 Maret 2023 di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta.

Peluncuran secara simbolis dilakukan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dan Direktur Kelembagaan & Bisnis Grosir BRI Agus Noorsanto. Hadir dalam acara tersebut Dirjen Pengembangan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni, serta para Gubernur, Bupati, Walikota, Sekda, Kepala BPKAD, dan Kepala BAPENDA seluruh Indonesia.

Terkait kerjasama ini, Agus Noorsanto mengatakan kerjasama ini merupakan bentuk kerjasama untuk mendukung digitalisasi keuangan. Hal ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan transaksi keuangan khususnya bagi pemerintah daerah yang menggunakan SIPD untuk melakukan transaksi belanja daerah.

“BRI mendukung penuh transformasi keuangan daerah, termasuk SIPD. Aplikasi ini merupakan keberhasilan KDN untuk mendigitalkan keuangan provinsi,” ujarnya.

Dengan menghubungkan BRI dengan SIPD, pemda yang RKUD-nya dikelola oleh BRI dapat terintegrasi dengan SIPD. Pemerintah daerah yang dapat diintegrasikan dengan SIPD adalah pemerintah daerah yang telah menggunakan modul administrasi SIPD.

Ia optimistis hal ini akan menguntungkan pemerintah daerah karena dapat menikmati layanan digital dari BRI dan juga mematuhi ketentuan KDN. Selain itu, proses ketenagakerjaan ASN juga bisa disampaikan di SIPD.

SIPD sendiri merupakan aplikasi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk melakukan transaksi belanja daerah. Untuk itu, BRI bekerjasama membantu layanan perbankan.

Sebagai informasi berbagai layanan digital BRI yang dapat digunakan seperti CMS, Kartu Kredit Pemda, layanan digital BRImo & BRIguna dll.

Ke depan, BRI akan terus meningkatkan kerjasama dalam berbagai hal untuk memajukan pemerintah daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.