BREAKING NEWS: Hutan di Lereng Gunung Argopuro Terbakar, Api Berkobar Besar – Berita Jatim

by
BREAKING NEWS: Hutan di Lereng Gunung Argopuro Terbakar, Api Berkobar Besar

Pahami.id – Api terlihat berkobar di lereng Gunung Argopuro di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Informasi yang diperoleh saat ini kemungkinan besar kebakaran terjadi di kawasan lereng, khususnya di Gunung Manggis.

“Rekan relawan melihat api berwarna merah seperti api di Gunung Manggis. “Ini masih perkiraan, karena lokasinya belum ada yang tahu,” kata Kepala Penyelamatan Bared David Handoko Seto, dikutip dari Beritajatim.com–jaringan Pahami.id, Kamis (5/10/2023).

Dia menjelaskan, api baru diketahui sekitar pukul 21.00 WIB. Bared Rescue mengirimkan delapan anggotanya untuk melakukan pengecekan menyeluruh di lokasi kebakaran.

“Kami membawa kendaraan 4WD dan sepeda motor trail karena lokasinya sulit dijangkau,” kata David.

Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Ladang Kahyangan Sofyan Sauri menduga kebakaran terjadi di lahan milik Perhutani.

Diperkirakan api berada di kawasan barat daya Taman Gunung Pasang. Pihaknya waspada terhadap api yang menjalar ke area peternakan.

“Masih jauh dari lahan kami di Gunung Pasang. Namun kita tetap perlu waspada, karena api cepat menyebar. “Teman-teman saya suruh saya memantaunya,” ujarnya.

Bupati Hendy Siswanto mendapat laporan adanya kebakaran di lereng Gunung Argopuro. Pihaknya mengaku telah mengerahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ke lokasi kebakaran.

“Saya juga sudah lapor ke Pak Gubernur, lokasi kebakaran diperkirakan di lahan Perhutani dan lahan pertanian swasta,” ujarnya.