Bersama Anies Baswedan Ziarah ke Sunan Ampel, Cak Imin: Beliau Merajut Hubungan Ulama-Pemerintah – Berita Jatim

by
Bersama Anies Baswedan Ziarah ke Sunan Ampel, Cak Imin: Beliau Merajut Hubungan Ulama-Pemerintah

Pahami.id – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya, Sabtu (9/9/2023). Mereka berdua merupakan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Anies dan Muhaimin terlihat duduk di depan makam bersama sejumlah kiai. Mereka tampak berdoa dengan khusyuk.

Muhaimin mengatakan, ibadah haji bersama ini merupakan yang pertama kali dilakukan keduanya. Menurutnya, Sunan Ampel merupakan wali tertua. Keturunannya termasuk dalam barisan perjuangan Islam di Indonesia.

“Beliau memberikan warisan ilmu dan strategi yang luar biasa dalam membangun masyarakat, bahkan berhasil menjalin silaturahmi antara ulama dengan pemerintah. Sehingga kehidupan beragama yang stabil berjalan beriringan dengan seluruh program pemerintah,” ujarnya.

“Baru-baru ini bersama Mas Anies di Sunan Ampel, wali tertua yang memiliki putra pejuang Islam di Indonesia. Jika ingin mengunjungi Wali Songo, mulai dari Ampel atau diakhiri di Ampel,” tambah Gus Muhaimin.

Ketua Umum PKB berharap restu Sunan Ampel dapat membawa Indonesia lebih maju ke depannya.

“Semoga berkah Sunan Ampel membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. Dan tentunya dari Jatim kita akan menata Indonesia dengan lebih baik lagi,” tegasnya.

Tour de Wali Songo sendiri akan digelar pada 8-11 September 2023. Gus Muhaimin bersama rombongan PKB sudah berziarah ke makam para wali di Cirebon hingga Surabaya.

Kontributor: Yuliharto Simon Christian Yeremia