Bank Mandiri Gelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023, Ini Para Pemenangnya – Berita Jatim

by
Bank Mandiri Gelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023, Ini Para Pemenangnya

Pahami.id – Bank Mandiri mengadakan kompetisi lain pengusaha terbesar di Indonesia, Pengusaha muda Mandiri (WMM) 2023 yang sukses melahirkan jagoan-jagoan baru dari berbagai bidang usaha.

WMM 2023 merupakan program unggulan Bank Mandiri yang telah berjalan sejak tahun 2007 dan merupakan wujud nyata komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan wirausaha muda Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Teuku Ali Usman mengatakan, WMM merupakan program unggulan Bank Mandiri yang diselenggarakan sejak tahun 2007 dan merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung wirausaha muda Indonesia. Konsistensi tersebut tidak hanya berhenti pada level persaingan saja, namun berlanjut pada level pembinaan, pengembangan bisnis, dan juga promosi nasional dan lokal yang didukung oleh Bank Mandiri.

“WMM bukan sekedar ajang kompetisi, melainkan komunitas kuat wirausaha muda yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus konsisten membina wirausaha muda Indonesia, kata Ali, pada acara puncak WMM Awards 2023 di JW Marriot, Surabaya, Jumat (19/1/2024).

Tahun ini, WMM berhasil menjaring 8.290 pelamar dari seluruh Indonesia, dengan berbagai jenis dan kategori usaha. Dari jumlah tersebut, terpilih 24 peserta yang lolos babak final yang kemudian diuji langsung oleh dewan juri yang terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Founder Cultivar Coffeehouse Wulan Guritno, Founder USS Network Sayed Muhammad dan CMO Fore Coffee Matthew Adrian.

Dari 24 kontestan yang berhasil melaju ke babak final, Arka Irfani terpilih meraih gelar WMM Best of the Best 2023, dengan nama bisnis Bell Living Lab. Ia berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp 500 juta.

Arka mengembangkan usaha pemanfaatan ampas kopi untuk dijadikan produk fesyen kekinian, sehingga bahan tersebut menjadi produk berkelanjutan yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

“Saya merasa WMM sangat bermanfaat karena bisa bertemu dengan orang-orang inspiratif dan bisa saling berkolaborasi. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan usaha agar masyarakat bisa menggunakan produk kita lebih luas lagi. Semoga WMM bisa terus menginspirasi generasi muda. ,” kata Arka.

Selain Arka Irfani, terdapat juga pemenang Best of the Best dari masing-masing kategori bisnis yang ada yaitu kategori Katering, Sosial & Lingkungan, Teknologi dan Kreatif. Berikut daftar lengkap pemenang Existing Business WMM 2023:

Kategori Katering:

Juara 1: Muhammad Bayu Hermawan dengan bisnisnya Tambiyaku, perusahaan makanan sehat berbahan dasar sorgum dengan harga terjangkau.

Juara 2 : Redha Taufik Ardias dengan usaha Tea Sila Artisan yaitu produsen teh yang telah berdiri sejak tahun 2018 dengan misi mengangkat citra produk pertanian Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat petani, “consumer wellness ” dan konservasi. alam nusantara.

Juara 3 : Wiko Puji Susanto dengan usaha Fishsnack yaitu makanan ringan bergizi berbahan dasar ikan yang tersedia disini untuk memudahkan dan praktis menyantap ikan yang dihasilkan dari hulu hingga hilir dengan memberdayakan para petani ikan.

Kategori Sosial & Lingkungan:

Juara Pertama : Mohammad Rofiul Ulum dengan usaha Bintang Songo Indonesia yaitu usaha yang mengutamakan Pemberdayaan Masyarakat khususnya Ibu Rumah Tangga di bidang jasa pengolahan limbah kayu lapis menjadi Bahan Baku Pembuatan Kayu Lapis atau Plywood di Lumajang.

Juara 2: Yonatan Soedarto Berkomitmen dalam bisnis Organik yang Benar-Benar Alami, yaitu produk rempah-rempah alami, cocok untuk vegan, non MSG, non GMO, tidak mengandung kedelai, tidak menggunakan pewarna dan semua bahan memberdayakan hasil petani.

Juara 3: Arif Rahman Faiza Asri dengan bisnis Nom Nom Herbs & Spices, yaitu perusahaan start-up yang mengembangkan metode, teknologi, dan ekosistem pertanian berkelanjutan dari hulu hingga hilir dengan dukungan pendampingan langsung kepada petani.

Kategori Teknologi:

Juara Pertama: Sandy Wijaya dengan bisnis Ciroes yaitu Circular economy marketplace yang menghubungkan penjual dan pembeli sampah daur ulang untuk bertransaksi dengan mudah, cepat dan menguntungkan melalui satu platform

Juara 2: Ratih Rachmatica dengan bisnis SIAB Indonesia yaitu sistem yang menyelesaikan permasalahan air bersih dari hulu hingga hilir mulai dari mencari sumber air, menyaring air bersih secara otomatis sesuai standar Kementerian Kesehatan, mendistribusikan air secara real time dan online dengan Internet. Teknologi Teknologi. Things (IoT) hanya dengan satu alat (one-stop solution).

Juara 3: Benarivo Triadi Putra dengan bisnis Atourin yaitu penyedia katalog inventaris desa wisata seluruh Indonesia yang terdiri dari paket wisata, pengalaman lokal, homestay desa, dan oleh-oleh atau oleh-oleh khas desa wisata.

Kategori Kreatif:

Juara Pertama: Arka Irfani dengan usahanya Bell Living Lab, yaitu usaha yang memanfaatkan limbah kopi untuk diolah menjadi produk fashion kekinian. Menjadikan material ini sebagai material berkelanjutan yang dapat digunakan oleh banyak orang

Juara 2: Evan Nico Kristanto dengan bisnis Locarpet Craft, yaitu produk seni karpet kreatif berbasis di Magelang yang menonjolkan esensi aksesoris yang menunjang suasana interior melalui seni dan desain interior.

Juara 3 : Rafida Nur Aini dengan usaha Medidivinya yaitu perhiasan kuningan berlapis emas 18 karat yang juga menerima pesanan untuk acara pernikahan, pertunangan dan acara-acara khusus lainnya dengan bahan perak, emas dan paladium serta berbagai jenis batu.

Selain pemenang Bisnis Eksisting, ada juga pemenang Business Plan Muhammad Al Faaiz, dengan bisnis “hidup awet muda & sehat” Yumi, yaitu Minuman Buah Kedelai yang difermentasi dengan kedelai, buah-buahan dan bakteri baik yang tinggi protein dan probiotik.

Malam penghargaan WMM 2023 juga dimeriahkan dengan hiburan dari Salma. Ajang ini menjadi bukti keberhasilan dan kesuksesan WMM dalam melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang tangguh, kreatif, dan inovatif.

“Kami sangat bangga dan senang dengan hasil yang diraih para pemenang WMM 2023. Mereka merupakan generasi muda yang memiliki passion dan visi tinggi dalam berbisnis. “Kami berharap dengan adanya WMM mereka dapat terus mengembangkan usahanya dan menjadi inspirasi bagi pengusaha muda lainnya,” kata Ali.

Bank Mandiri juga berharap dapat terus menyelenggarakan WMM sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (SSR) dan upaya Bank Mandiri untuk mencetak generasi muda yang tangguh.