Media Korea Sebut Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan Jantung Timnas Indonesia: Taktik Shin Tae-yong Cerdas! – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mendapat apresiasi positif dari media internasional usai mengantarkan Garuda menang 1-0 atas Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/ 2024). .

Meski awalnya dianggap remeh jelang pertemuan dengan Vietnam, hasil 1-2 di laga kontra Irak di matchday pertama, serta perbandingan ranking FIFA, menjadi alasan timnas Indonesia dianggap remeh.

Namun Timnas Indonesia berhasil menutup segala keraguan dengan meraih tiga poin berkat gol tunggal Asnawi Mangkualam lewat tendangan penalti.

BACA JUGA: Ngotot Bela Timnas Indonesia Lawan Jepang, Jordi Kemungkinan Besar Akan Bermain Pakai Masker

media Korea Selatan, Sebelas Terbaikmemberikan analisa positif atas kemenangan Timnas Indonesia melawan Vietnam.

Best Eleven mengapresiasi taktik yang diterapkan Shin Tae-yong yang mampu mengalahkan tim dengan ranking FIFA tertinggi di Asia Tenggara itu.

Menurut Best Eleven, “Vietnam memang bukan tim terbaik di Asia, tapi secara obyektif lebih unggul dari Indonesia. Apalagi Vietnam mampu mencetak dua gol ke gawang Jepang yang dianggap sebagai tim terbaik di Asia.”

Namun, taktik cerdas yang diterapkan Shin membuat perbedaan yang signifikan, kata Best Eleven.

BACA JUGA: Sadar Kelemahan Jepang, Hokky Caraka Yakin Timnas Indonesia Bisa Raih Poin di Laga Penentu Piala Asia 2023

Best Eleven berfokus pada taktik tiga orang yang diterapkan Shin Tae-yong, dengan dukungan dua bek sayap, Asnawi dan Pratama Arhan.

Hasil ini membuat permainan Timnas Indonesia semakin dinamis dan sulit diprediksi lawan.

Shin menggunakan skema pertahanan tiga orang dengan tiga bek tengah yang didukung Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam, tambah Best Eleven.

Kedua pemain ini terkenal di K League sehingga membantu memaksimalkan penggunaan sayap oleh Timnas Indonesia, lanjut Best Eleven.

Dengan hadirnya lima bek solid di lini pertahanan, Timnas Indonesia mampu menyerang dengan penuh percaya diri, bukan hanya soal stabilitas, demikian pemberitaan media.

Best Eleven pun mengakui peran besar Shin Tae-yong dalam memaksimalkan performa lini ofensif Timnas Indonesia.

Pelatih ini berhasil membuat Rafael Struick dan kawan-kawan memanfaatkan lebar lapangan secara efektif pada laga Piala Asia melawan Vietnam.

Serangan Indonesia yang dilancarkan Shin Tae-yong sangat tajam, terutama di babak pertama, kata Best Eleven.

Indonesia menciptakan ancaman serius ke gawang Vietnam melalui berbagai umpan silang dari sayap ke tengah dengan cepat, lanjut awak media.

Jika bukan karena penyelamatan apik yang dilakukan kiper asal Vietnam tersebut, Indonesia bisa saja mencetak lebih banyak gol, tambah Best Eleven.

Keunggulan yang dimiliki Timnas Indonesia membuat mereka bisa mengontrol momentum pertandingan melawan Vietnam, pungkas Best Eleven.