Bangun RMC Business, TikTokers Rina Mariyana Sukses Bikin Ibu-Ibu Raih Cuan Cuma dari Ponsel – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Rina Mariyana merupakan salah satu kreator konten di TikTok yang memiliki followers cukup banyak. Pasalnya, konten yang diunggah Rina bermanfaat dan menarik banyak orang, terutama ibu-ibu, untuk mengikuti jejaknya.

Video yang dibagikan Rina Mariyana di TikTok menceritakan kisah suksesnya sebagai ibu rumah tangga dengan bisnis online-nya. Dari situ, Rina bisa meraup jutaan rupiah dan bisa membeli mobil serta perhiasan emas ratusan gram.

Berbekal keahliannya bermain TikTok dan kesuksesan bisnisnya, Rina Mariyana kemudian membangun RMC Business, sebuah kelas coaching bisnis online. Di sana, Rina berbagi tips dan trik sukses berbisnis online.

Penyajian materi yang disiapkan oleh Rina Mariyna juga mudah diikuti dan dipraktikkan oleh para peserta. Dari Bisnis RMC-nya, Rina telah membantu puluhan ribu ibu rumah tangga menghasilkan pendapatan hanya dari rumah.

Rina Mariyana membangun Bisnis RMC karena ingin berbagi kesuksesannya dengan orang lain, terutama ibu-ibu. Karena apa yang Rina miliki sekarang tidak mudah didapatkan.

Rina Mariana [dokumentasi pribadi]

“Saya seorang putri yang orang tuanya berpisah, kemudian saya harus diasuh oleh nenek saya. Jadi saya harus bekerja keras untuk dapat menyelesaikan studi saya sendiri dan membantu nenek saya yang tidak mampu bekerja untuk menghidupi keluarga,” kata Rina. Mariyana melalui keterangan yang diterima Pahami.id.

Dalam keadaan sulit, Rina Mariyana malah bersemangat meraih kesuksesan. Wanita berhijab ini rela bekerja paruh waktu untuk membantu menghidupi keluarganya. Mulai dari menjadi penjaga toko handphone bergaji kecil, menjual kosmetik, baju yang dipasarkan secara online sejak zaman Blackberry Masanger.

Meski harus bekerja keras untuk bertahan hidup, Rina Mariyana juga semangat untuk kuliah. Pemilik akun TikTok @rina.mariyana sedang kuliah sambil bekerja di perusahaan otomotif dan berjualan online.

Berkat kerja keras dan etos kerja yang baik sehingga mampu mencapai angka penjualan tertinggi di atas target, beliau berhasil meraih penghargaan penjualan terbaik dengan kinerja terbaik tingkat nasional pada tahun 2012, sehingga hadiah yang diterima dapat digunakan untuk melengkapi biaya kuliahnya.

Tak berhenti sampai di situ, Rina pun diberi kepercayaan untuk menjadi supervisor termuda saat itu oleh perusahaan tempatnya bekerja. Mengingat dirinya kuliah sambil bekerja, ia sempat kesulitan membagi waktunya, ketika ia diserahi tugas menjadi manajer dan harus pindah kota, Rina harus mengambil cuti kuliah.

“Saat itu penjualan produk saya selalu mencapai angka tertinggi dan selalu melebihi target. Alhamdulillah produk yang saya jual laris manis di BBM (BlackBerry) dan Facebook sehingga banyak orang yang bertanya-tanya untuk mengetahui ilmunya dan belajar bersama saya. Jadi, Berawal dari situ saya ingin menyampaikan ilmu dan di bidang bisnis online lebih totalitas, kemudian saya membuat grup kelas di LINE untuk berbagi ilmu yang saya dapat dari pengalaman saya bersama mereka,” ujar Rina Mariyana.

Namun sayang, perusahaan Rina Mariyana bangkrut. Namun hal itu tidak mematahkan semangat Rina. Ia tetap berjualan secara online melalui BBM, Facebook dan LINE yang digelutinya sejak tahun 2014.

Rina sebagai mentor yang tidak putus asa berusaha, terus belajar dan mengembangkan diri. Untuk menimba ilmu tentang penjualan e-commerce, ia pernah menjadi penjual produk kesehatan yang sukses menjual ribuan pcs setiap harinya di salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Ia pun belajar cara berjualan di e-commerce dengan prestasi puluhan juta.