Bacaan Lengkap Sholawat Nabi Muhammad SAW, Bahasa Arab, Latin dan Artinya – Berita Jatim

by
Bacaan Lengkap Sholawat Nabi Muhammad SAW, Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pahami.id – Sebagai wujud kecintaan seorang muslim terhadap Nabi Muhammad SAW adalah dengan membacakan doa. Membaca doa juga memiliki nilai pahala bagi umat Islam.

Mengucapkan shalawat Nabi bisa dilakukan kapan saja seperti setelah shalat, saat beraktivitas, saat bepergian atau saat hendak tidur malam.

Dikutip dari berbagai sumber, para bidadari pun melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini tercatat dalam Al Quran yaitu surat Al Ahzab ayat 56.

InsyaAllah diberkati oleh Allah ْلِيْمًا

Innallāha wa malā`ikatāḥ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanyu ṣallụ ‘alaihi wa sallimû taslīma

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya memberkati Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Doakanlah Nabi dan salam kepadanya.”

Berikut bacaan lengkap doa Nabi Muhammad SAW:

Sholawat menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Insya-Allah ْ عَلَيْنَا رَبِيع الْأَوَّلِ بِصَلَاِِ الْبلَادِ وَالْـِبَادِ وَ Insya-Allah Muḥammadٍ ص َلَّى اللهُ عَلَيْسِ اللَّهُ عَلَيْسَلَ َا دِ, يَاكَرِيمْ يَاجُوادِ

Allahumma baarik lanaa fi khootimati syahrina Hadza, wa aqdim ‘alainaa Robi’uul awwali bisholaahil balaadi wal ‘ibaadi wa daf’il balaa-i wal fasaadi watafriiji karbi ummati habibika Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallama fil kholfii wal baadi Ya Kariim”.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di akhir bulan ini (Safar) dan berikan kami bulan Rabiul Awal dengan kebaikan bagi negara dan rakyatnya. Hilangkan keburukan dan kerusakan serta hilangkan duka dan kesusahan serta kesukaran yang tersembunyi atau kasat mata dari umat Nabi Muhammad SAW, Wahai Yang Maha Mulia dan Maha Penyayang.”

Doa Ummi

Allah

Allahumma shali ‘ala Muhammad ‘abdika wa rasulika an-nabiyyil ummiyyi wa ‘alaalihi wa shahbihi wa sallim”.

Artinya: “Ya Allah, limpahkan rahmat-Mu kepada Muhammad, hamba-Mu, Nabi dan Rasul, seorang Ummi Nabi.”

Sholawat Bani Hasyim

Insya Allah لَى الِه وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Allahumma shalli ‘alán-nabiyil hasyimiyyi Muhammadin wa’alaalihi wa sallim tasliman”.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah keberkahan dan shalawat kepada nabi keturunan Hasyim yang mulia yaitu Muhammad dan keluarganya, semoga tetap sejahtera dan sejahtera.”

Sholawat Ibrahimiyah

Insya Allah, Insya Allah, Insya Allah, Insya Allah, Insya Allah ام لْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Allahumma shali ‘alaa Muhammad wa’alaa aali Muhammadin, kamaa mustaita’alaa Ibrahim wa’alaa aali Ibrahima, wabaarik’alaa Muhammadin wa’alaa aali Muhammadin, kama baarakta’alaa Ibrahim wa’alaa aali Ibrahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid”.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah menganugerahkan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberkati Ibrahim dan keluarganya.

Sholawat Busyro

Allah

Dan itu

مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ الْاخِرَةِ

Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammadin shahibil busyro salat tubasysyiruna biha. Wa ahlana wa auladana wa jami’I masyayikhina wa mu’allimina wa thalabatana wa thalibatina Min yaumina hadza ila yaumil Akhirah.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada Yang Mulia kami, Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa kabar gembira dengan keberkahan doa yang (juga) dapat memberikan kebahagiaan kepada kami, keluarga kami, anak-anak kami dan seluruh guru kami serta orang-orang yang selalu mengajarkan kita ilmunya. Juga kepada murid-murid kami mulai hari ini hingga hari kiamat.”

Sholawat Asyghil

Insya Allah مِينَ بِالظَّالِمِينَ

Insya Allah مِينَ بِالظَّالِمِينَ

Dan itu

Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin

Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin

Wa Akhrij-na min Bainihim Saalimin, wa Ala Aalihi wa shahbihi Ajmain”.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah pemimpin kami Nabi Muhammad SAW, dan jagalah para penindas agar mereka mendapat keburukan dari penindas yang lain, peliharalah kami dari keburukan mereka. Dan memberikan keberkahan kepada seluruh keluarga dan sahabatnya.

Sholawat Munjiyat

semoga Tuhan mengasihaninya dan memberinya kemakmuran dan keberkahan Insya Allah َا

جَمِيعَ الْحَاجَاتْ Insya Allah

Dan

Allâhumma Shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin salâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyi’is sayyi’is sayyât warajât tuballighunâ bihâ aqshal ghayat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya: “Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dengan doa itu Engkau akan menyelamatkan kami dari segala keadaan yang menakutkan dan dari segala cobaan; dengan doa itu, engkau akan mengabulkan keinginan kami; dengan doa itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala kejahatan; dengan doa itu, Engkau akan mengangkat kami setinggi-tingginya; dengan doa itu, Engkau akan membawa kami ke tujuan yang paling sempurna dalam segala kebaikan, dalam hidup dan setelah mati.”