Api Kebakaran TPA Winongo Madiun Sudah Padam, Sisakan Asap Menganggu – Berita Jatim

by
Api Kebakaran TPA Winongo Madiun Sudah Padam, Sisakan Asap Menganggu

Pahami.id – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun terbakar, Minggu (8/10/2023) siang.

Plt. Kepala Bidang Pengelolaan Limbah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun Hendro Pradono mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Yang jelas cuaca panas dan angin kencang cukup mempercepat perluasan area yang terbakar, ujarnya dilansir Antara.

Katanya, kebakaran terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar tumpukan sampah di Zona 6.

Cuaca di wilayah Zona 6 dipenuhi dengan sampah kering dan mudah terbakar. Api menghanguskan sepertiga Zona 6.

Hendro mengungkapkan, kawasan yang terbakar merupakan zona pasif yang merupakan tumpukan sampah sejak tahun 2019-2020. Ia memastikan lokasi pembakaran aman di area pembuangan sampah bagian paling barat.

“Area ini lumayan jauh dari kantor. Yang terbakar adalah area tumpukan sampah yang berbatasan langsung dengan pagar barat. Jadi tidak berbahaya karena berbatasan dengan persawahan,” ujarnya.

Kebakaran TPA Winongo bukanlah yang pertama. Kebakaran juga pernah terjadi di Zona 6 sebelumnya, namun di sisi Utara.

Kini apinya sudah padam. Namun asap akibat kebakaran sampah masih sesekali mengepul di kawasan setempat.

Pihaknya mengaku saat ini masih melakukan tindakan pencegahan terkait sisa asap kebakaran. Hendro juga mengimbau kepada aparat dan masyarakat yang membantu proses pemilahan sampah untuk tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kebakaran.