AMI Awards 2023 Siap Digelar, Kini Ada Kategori Khusus Dangdut Koplo – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Yayasan Penghargaan Musik Indonesia (YAMI) resmi mengumumkan penyelenggaraan AMI Awards ke-26. Mengusung tema Celebrating Differences, acara tersebut akan digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada 8 November 2023.

“Alhamdulillah karena kita sudah melewati pandemi, acara ini bisa kita adakan di luar stasiun televisi,” kata Candra Darusman selaku Ketua Umum AMI dalam sesi jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (21/9/2023 ). ).

Penting bagi Candra Darusman dan tim untuk meneruskan eksistensi AMI Awards. Banyak anak muda berbakat bermunculan setiap tahun dan mereka patut diberi penghargaan melalui penghargaan.

“Setiap tahun muncul talenta-talenta baru, ada musisi-musisi yang luar biasa,” ujar Candra Darusman.

Kategori penghargaan pada AMI Awards 2023 juga diperluas untuk mengikuti perkembangan pasar. Untuk pertama kalinya, musisi dangdut koplo masuk dalam daftar nominasi.

“Coplo memang semakin meningkat. Makanya untuk mendorong akreditasi, tim kategorisasi memberikan ruang yang besar untuk coplo,” kata Adibal Syahrul selaku perwakilan tim kategorisasi AMI Awards 2023.

“Koplo sekarang menjadi musik asli Indonesia. Saya kira akan sangat kompetitif bila AMI Awards memberi ruang bagi koplo,” lanjutnya.

Beberapa nama besar pun turut menghiasi daftar nominasi kategori dangdut koplo. Mulai dari Ayu Ting Ting dengan lagu Sakit Tanpa Luka, hingga Denny Caknan dengan Kalih Welasku.

Tak ketinggalan, lagu Rungkad yang viral di media sosial juga masuk nominasi. Vicky Prasetyo sebagai penyanyi asal Rungkad tercatat sebagai calon penerima penghargaan.

Dua slot sisanya diisi lagu Care Bebek dan Ruthan yang sering terdengar di timeline TikTok. Masing-masing terdaftar atas nama Jegeg Bulan dan Azmy Z dengan IMP ID sebagai penyanyi asli kedua lagu tersebut.

Selain dangdut koplo, ada 5 kategori penghargaan baru di AMI Awards 2023. Kelima kategori tersebut adalah Artis/Grup/Kolaborasi Solo Putra/Wanita Melayu Terbaik, Karya Orkestra Terbaik, Album Film Scoring Terbaik, Album Musik Terbaik, dan Album Alternatif Terbaik .

Total, AMI Awards 2023 akan menghadirkan penghargaan kepada musisi terpilih dari 62 kategori yang disediakan untuk berbagai genre musik.