Alasan Bawaslu Jember Minta Acara Sholawatan yang akan Dihadiri Gibran Ditunda – Berita Jatim

by
Alasan Bawaslu Jember Minta Acara Sholawatan yang akan Dihadiri Gibran Ditunda

Pahami.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan mengunjungi Jember pada Rabu (10/1/2024). Salah satu agendanya adalah menghadiri Majelis Sholawat Nasional yang diadakan Laskar Sholawat Nusantara (LSN).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember mengimbau acara tersebut ditunda.

“Tidak menutup kemungkinan unsur kampanye terjadi pada waktu salat,” kata Anggota Bawaslu Jember Wiwin Riza Kurnia, dikutip dari Antara, Rabu (10/12024).

Menurutnya, tidak ada yang bisa menjamin kegiatan tersebut tidak mengandung unsur kampanye.

Upacara yang akan digelar di GOR Jember ini rencananya akan dihadiri 50.000 hingga 70.000 orang. “Tidak ada yang bisa menjamin kegiatan ini tidak mengandung unsur kampanye mengingat pesertanya mencapai puluhan ribu sehingga menjadi pertimbangan Bawaslu untuk meminta agar kegiatan tersebut ditunda,” ujarnya.

Dijelaskannya, waktu kampanye pemilu baik rapat terbatas, kegiatan tatap muka, pembagian bahan kampanye kepada masyarakat, pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum, debat capres dan media sosial dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Sedangkan untuk kampanye rapat umum, pemasangan iklan di media massa cetak, media massa elektronik, dan media online akan dimulai pada tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024.

Hal ini sesuai dengan pasal 27 ayat (1) dan (2) Peraturan KPU no. 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Kami telah mengimbau kepada LSN dan panitia penyelenggara acara untuk menunda pelaksanaan acara doa bersama tingkat nasional hingga dimulainya kampanye dengan metode rapat umum pada tanggal 21 Januari 2024,” ujarnya.

Namun, dia menginstruksikan seluruh Panwascam se-Kabupaten Jember untuk melakukan pengawasan jika kegiatan ini terus berlanjut.

“Selain itu, pengawas mukim/kampung juga melakukan pengawasan terhadap dimulainya pelepasan apel secara massal di wilayah mukim/kampung se-Jember,” ujarnya.

Perlu diketahui, acara Apel Sholawat Nasional diselenggarakan oleh Laskar Sholawat Nusantara (LSN) di GOR Jember. Upacara rencananya akan dihadiri Ketua LSN Muhammad Fawait yang juga calon DPRD Jatim dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka di GOR Jember.