Alam Ganjar Kuliah Jurusan Apa? Anak Capres yang Bongkar Status Hubungan dengan Fuji – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Nama Alam Ganjar sontak menjadi perbincangan lumrah. Bukan karena kontribusinya dalam proses kampanye ayahnya, melainkan karena rumor hubungan asmaranya.

Usai digosipkan dekat dengan Eca Aura, Alam Ganjar kerap menikah dengan Fuji. Lebih lanjut, tanggapan Ganjar Pranowo sepertinya tidak ada masalah dengan perjodohan.

Sorotan tersebut membuat berbagai hal tentang Alam Ganjar menggugah rasa penasaran masyarakat. Salah satunya tentang catatan pendidikannya.

Sebagai anak seorang perwira, Alam Ganja memang punya rekam jejak pendidikan yang menarik. Selain bersekolah di sekolah ternama, ia juga mencatatkan sejumlah prestasi.

Bagaimana sejarah pendidikan Alam Ganjar? Mari kita lihat selengkapnya di bawah ini.

CEO Pigmy Esports, Muhammad Zinedine Alam Ganjar dalam diskusi Our Story #1, di Tilasawa Coffee, Condongcatur, Depok, Selasa (9/1/2024) sore. [Hiskia Andika Weadcaksana/Suarajogja.id]

Dirunut dari beberapa sumber pada tahun 2024, Alam Ganjar bersekolah di SMPN 2 Semarang. Sejak SMA, ia berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional.

Alam Ganjar disebut-sebut berhasil meraih medali emas dalam kompetisi sains yang diadakan di Korea Selatan. Selain itu, ia memiliki ketertarikan pada dunia sepak bola.

Setelah menyelesaikan studinya di sana, ia melanjutkan studinya di SMAN 3 Semarang. Sekolah menengah ini masuk dalam daftar 10 sekolah menengah terbaik se-Provinsi Jawa Tengah.

Prestasi yang diraihnya saat masih duduk di bangku SMA tidak berhenti begitu saja. Selama bersekolah di sekolah menengah terbaik ini, Alam Ganjar mengikuti Kompetisi Junior Achievement (JA) Perusahaan Terbaik Asia Pasifik.

Kompetisi tersebut diadakan pada tahun 2019 di negara tetangga, Filipina. Bersama teman-temannya, ia berhasil meraih juara ketiga.

Putra Calon Presiden nomor urut 3, Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengunjungi Plaza Renon, Denpasar, Bali, Minggu (17/12/2023). [Dok Ist]
Putra Calon Presiden nomor urut 3, Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengunjungi Plaza Renon, Denpasar, Bali, Minggu (17/12/2023). [Dok Ist]

Prestasi yang diraih semasa SMP dan SMA mengantarkannya masuk ke salah satu universitas terbaik di Indonesia. Ia berhasil menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada.

Menariknya, ayahnya, Ganjar Pranowo, merupakan lulusan universitas yang sama. Ganjar juga pernah menjabat sebagai Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) selama dua periode.

Sementara Alam Ganjar diketahui memilih Fakultas Teknik saat kuliah di UGM. Dia mengambil jurusan Teknik Industri.

Jurusan yang diambilnya berbeda dengan jurusan ayahnya. Ganjar Pranowo sendiri mengambil jurusan ilmu sosial yakni Hukum saat kuliah di UGM.

Meskipun begitu, catatan Jurusan Teknik Industri UGM juga tak kalah menariknya. Departemen ini dikenal sebagai salah satu departemen terbaik dengan akreditasi A.