Ada 14 Persen Lebih Koresponden Ragukan 3 Capres-Cawapres Bisa Berantas Korupsi – Berita Jatim

by
Ada 14 Persen Lebih Koresponden Ragukan 3 Capres-Cawapres Bisa Berantas Korupsi

Pahami.id – Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei terbaru calon presiden dan wakil presiden jelang debat Pilpres 2024. Dari hasil jajak pendapat Populi Center, sejumlah jurnalis masih ragu ketiga calon presiden dan wakil presiden itu mampu. untuk memerangi korupsi.

Hasil survei Populi Center menyebutkan pasangan Prabowo-Gibran dinilai sebagai calon presiden dan wakil presiden yang diyakini mampu memberantas korupsi.

Pasangan nomor 2 pada November 2023 ini memiliki persentase sebesar 40,5 persen dan meningkat lagi pada Desember 2023 sebesar 44,2 persen untuk mengatasi masalah korupsi.

Sedangkan di posisi kedua ada pasangan Ganjar-Mahfud MD. Pasangan nomor urut 3 memiliki persentase sebesar 22,2 persen pada Desember 2023. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan November 2023 sebesar 25,0 persen.

Sedangkan pasangan AMIN (Anies-Muhaimin) terkait isu pemberantasan korupsi hasil survei Populist Center memperoleh suara 18,8 persen pada Desember 2023, meningkat dibandingkan November 2023 yang hanya 18,3 persen.

Hasil survei Pusat Populi mengenai kemampuan calon presiden dan wakil presiden dalam memberantas korupsi juga menunjukkan 14,8 persen jurnalis tidak tahu atau tidak menjawab. Angka tersebut turun dibandingkan November 2023 yang sebesar 16,2 persen jurnalis meragukan kemampuan calon presiden dan wakil presiden dalam memberantas korupsi.

Hasil Populi Center juga menemukan nama Prabowo Subianto mendapat tingkat elektabilitas tertinggi yakni 40,7 persen. Di peringkat kedua ada nama Ganjar Pranowo dengan 19,3 persen, dan di peringkat ketiga ada Anies Baswedan dengan 18,5 persen.

Nama-nama lain mendapat tingkat seleksi di bawah 2 persen. Sementara untuk calon wakil presiden teratas, nama Gibran Rakabuming Raka mendapat tingkat elektabilitas tertinggi sebesar 31,8 persen, disusul Mahfud MD sebesar 18,4 persen, dan Muhaimin Iskandar sebesar 12,6 persen. Sedangkan nama tokoh lainnya mendapat angka di bawah 2 persen.

Temuan pertanyaan terbuka calon presiden dan wakil presiden sejalan dengan perolehan suara elektoral yang diperoleh pasangan calon saat ini. Data menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas tertinggi yakni 46,7 persen.

Di urutan berikutnya, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat angka yang sama yakni 21,7 persen.

Populi Center melaksanakan Survei Nasional pada tanggal 28 November hingga 5 Desember 2023. Sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, meliputi 4 (empat) Daerah Otonomi Baru yaitu Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Metode pengumpulan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan aplikasi survei Pusat Populi terhadap 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode multi-stage random sampling.

Margin of Error (MME) diperkirakan ±2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.