6 Film Bertema G30S PKI, Terbaru Kupu Kupu Kertas yang Dibintangi Amanda Manopo – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Akhir September hingga awal Oktober diperingati masyarakat Indonesia untuk mengenang momen tragis G30S/PKI.

Insiden yang dilatarbelakangi kudeta 58 tahun lalu itu mengakibatkan tewasnya enam jenderal dan seorang perwira. Jenazah mereka dibuang ke sumur di Lubang Buaya, Jawa Timur.

Peristiwa bersejarah G30S/PKI ini kemudian dijadikan tema sederet film Indonesia termasuk proyek terbaru Amanda Manopo bertajuk Kupu Kupu Kertas. Tonton film bertema G30S PKI lainnya di bawah ini.

1. Kupu-Kupu Kertas

Film Tema G30S PKI. (YouTube/Bioskop 21)

Kupu Kupu Kertas yang dibintangi Amanda Manopo dan Reza Arap berlatar tahun 1965 di Banyuwangi, Jawa Timur. Film Kupu Kupu rencananya akan tayang di bioskop pada Desember 2023.

2. Pengkhianatan G30S/PKI

Film Tema G30S PKI.  (saluran YouTube/tvMu)
Film Tema G30S PKI. (saluran YouTube/tvMu)

Film Pengkhyanatan G30S/PKI juga tayang di iNews TV pada Sabtu (30/9/2023) sore. Namun bagi yang ketinggalan, film berdurasi 4 jam tersebut bisa disaksikan melalui platform streaming Vidio.

3. Gie (2005)

Film Tema G30S PKI.  (YouTube/FLIKTV)
Film Tema G30S PKI. (YouTube/FLIKTV)

Film Gie bercerita tentang seorang pria keturunan Tionghoa bernama Soe Hok Gie yang merupakan seorang aktivis dan penulis pada tahun 1960an. Diperankan Nicholas Saputra, Gie kini bisa disaksikan di Prime Video atau Netflix.

4. Sang Penari (2011)

Film Tema G30S PKI.  (YouTube/FLIKTV)
Film Tema G30S PKI. (YouTube/FLIKTV)

Berikutnya adalah film Sang Penari yang juga tayang kembali di Prime Video dan Netflix. Film Sang Penari bercerita tentang seorang prajurit Dusun Paruk bernama Rasus yang diperankan oleh Oka Antara, berlatar tahun 1960-an.

5. Surat dari Praha (2016)

Film Bertema G30S PKI (Vicinema)
Film Bertema G30S PKI (Vicinema)

Letters from Prague di Prime Video dan Netflix sepertinya didasarkan pada kisah seorang pemuda bernama Jaya yang sedang belajar di Praha, Republik Ceko. Situasi politik yang berubah akibat kudeta tahun 1965 membuat Jaya tidak bisa kembali ke Indonesia untuk memenuhi janjinya kepada tunangannya.

6. Kamu & Aku (2020)

Film Bertema G30S PKI (YouTube/Bioskop Online)
Film Bertema G30S PKI (YouTube/Bioskop Online)

Bioskop online masih menayangkan film You & I dengan biaya Rp 10 ribu untuk sekali tonton. You & I merupakan film dokumenter tentang persahabatan dua perempuan yang sama-sama menjadi tahanan politik, Kaminah (70) dan Kusdalini (74), karena diduga terlibat G30S/PKI.

Demikian deretan film bertema G30S PKI yang diperingati setiap tahun pada akhir September dan awal Oktober. Kalian sudah lihat semua filmnya di atas gaes?

Kontributor: Neressa Prahastiwi