5 Fakta Pembangunan Beach Club di Gunung Kidul yang Bakal di Bangun Raffi Ahmad, Berpotensi Merusak Lingkungan Hidup – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Raffi Ahmad berencana membangunnya klub pantai di kawasan Pantai Krakal di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul. Suami Nagita Slavina ini berencana menjadikan lokasi ini sebagai lokasi wisata terbaik di Jogja.

Sayangnya, pengembangan lokasi wisata ini mendapat tentangan dari para aktivis lingkungan hidup. Pasalnya Raffi Ahmad membangun lokasi tersebut di kawasan lindung.

Lantas, apa saja fakta pengembangan kawasan wisata beach club yang akan dibangun Raffi Ahmad? Berikut ulasannya.

1. Raffi Ahmad mendoakan perkembangan klub pantai

Raffi Ahmad kembali mengembangkan usahanya dengan membangun lokasi wisata di kawasan Gunung Kidul Jogjakarta. Rencananya dia akan membuatnya resor pantai. Ayah dua anak ini menargetkan kawasan ini menjadi salah satu lokasi wisata terbaik di Indonesia.

2. Diunggah di Media Sosial

Raffi Ahmad membagikan kabar tersebut melalui Instagram pribadinya. Dalam keterangan fotonya, ia mengaku akan membangunnya pada awal tahun 2024. Selain itu, pembangunannya akan melibatkan warga sekitar.

3. Dikritik oleh aktivis lingkungan hidup

Rencana Raffi Ahmad untuk membangun klub pantai itu segera mendapat perhatian. Selain netizen. organisasi lingkungan hidup WALHI. Mereka keberatan dengan pembangunan tersebut karena kawasan proyek masih merupakan Kawasan Alam Karst Gunungsewu (KBAK) yang merupakan salah satu kawasan lindung.

4. Pembangunan tersebut berpotensi merusak lingkungan

WALHI mengecam isu analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) pada proyek tersebut karena dinilai berpotensi menimbulkan kerusakan alam dan kekeringan. Dikutip dari jdih.esdm.go.id, dalam Peraturan Menteri No. 17 Tahun 2012, Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) merupakan kawasan lindung geologi sebagai bagian dari kawasan lindung nasional.

5. Tanggapan Raffi Ahmad

Raffi Ahmad angkat bicara soal kritik tersebut. Sebelumnya, ia mengaku kepada media tidak mengetahui bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan lindung. Bahkan pria asal Sunda itu mengaku baru mengetahui dari media bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan lindung.

Ini adalah beberapa fakta pembangunan klub pantai yang akan dibangun oleh Raffi Ahmad.