5 Daerah Terendam, Berikut Daftarnya – Berita Jatim

by
5 Daerah Terendam, Berikut Daftarnya

Pahami.id – Hujan yang turun di Jawa Timur selama beberapa hari terakhir melanda beberapa wilayah banjir. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, wilayah yang terkena dampak banjir antara lain Pasuruan, Orang yunaniLamongan, Sidoarjo, dan Kabupaten Mojokerto.

Kepala BPBD Jatim Gatot Soebroto mengaku selama beberapa hari terakhir, pihaknya telah melakukan peninjauan dan menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban banjir.

Seluruh kebutuhan logistik dan peralatan sengaja kami dorong ke kabupaten atau kota untuk mempercepat penanganan jika terjadi bencana, kata Gatot dikutip Antara.

BPBD Jatim menyalurkan bantuan ke Desa Balongrejo, Desa Kedungringin, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

“Di lokasi ini ketinggian air masih mencapai 50-80 sentimeter. Setidaknya ratusan keluarga terdampak banjir Sungai Weranti,” ujarnya.

Daerah lain di Pasuruan yang terendam banjir adalah Mukim Bangil, Kraton, Gempol dan Rembang.

Namun di beberapa kabupaten situasi banjir sudah surut dan ketinggian air hanya tersisa sekitar 20 sentimeter, ujarnya.

Sedangkan Gresik dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Lamong. Tiga desa yakni Wotansari, Sekarputih, dan Dapet di Kecamatan Balongpanggang terdampak.

Peluncuran dari Beritajatim.com— Mitra Suarara.com, banjir terjadi dengan ketinggian air mencapai 15-25 sentimeter.

Banjir terjadi kemarin saat hujan deras di wilayah Kecamatan Balongpanggang, kata Danramil 0817/09 Balongpangg, Kapten Arh Kuntoko, Selasa (6/02/2024).

Berdasarkan data, ratusan rumah dan puluhan hektar sawah terendam banjir.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, FX Driatmicko mengaku masih melakukan pemetaan untuk mendirikan tenda darurat. Tenda darurat dan logistik telah disiapkan untuk warga yang rumahnya terdampak luapan Sungai Lamong, kata Driatmicko.