4 Fakta Perseteruan Ahmad Dhani dan Once Mekel, Once Bisa Dipenjara Bila Ngotot Lakukan Hal Ini – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ahmad Dhani melarang Once Mekel membawakan lagu Dewa 19 saat konser.

Pernah Mekel dilarang menyanyikan lagu Dewa 19 setiap Selasa, 28 Maret 2023.

Keputusan ini diambil Dewa setelah dilindungi peraturan dari Direktorat Jenderal Hak Cipta dan Hak Intelektual (Ditjen HAKI).

Sehingga penyanyi profesional harus meminta izin kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual jika ingin membawakan lagu Dewa di konser. Namun hal ini tidak berlaku bagi pengamen kafe dan pengamen jalanan.

Nah, mau tahu fakta perseteruan Ahmad Dhani dan Once Mekel? Berikut ulasannya.

1. Ahmad Dhani mengumumkan lagu-lagu Once kini dilarang dibawakan oleh Dewa 19. Larangan tersebut jika Once mengadakan konser tunggal atau menyanyi di luar bersama Dewa 19.

Fakta Perselisihan Ahmad Dhani dan Once Mekel [Adiyoga Priyambodo/Pahami.id]

2. Menurut Ahmad Dhani hal itu dilakukan karena saat ini Dewa 19 sedang disibukkan dengan jadwal konser di beberapa kota. Dhani tak mau konser lain mengganggu konser Dewa 19.

Dewa 19 tampil bersama mantan vokalisnya, Once Mekel dalam konser bertajuk "Smartfren WOW Concert 2019" di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (20/9/2019). [Pahami.id/Angga Budhiyanto]
Fakta Perselisihan Ahmad Dhani dan Once Mekel [Pahami.id/Angga Budhiyanto]

3. Tambahkan Ahmad Dhani, selain lagu Dewa, Once boleh menyanyikan lagu tersebut. Seperti diketahui, pria berkepala plontos ini gemar menggubah lagu untuk beberapa musisi Indonesia. Sekali tidak terkecuali.

Ahmad Dhani saat ditemui di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan, Kamis (21/7).   [Pahami.id/Adiyoga]
Fakta Perselisihan Ahmad Dhani dan Once Mekel [Pahami.id/Adiyoga]

4. Jika Once tetap bersikeras untuk menyanyikan lagu Dewa, maka akan dikenakan sanksi pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 113 UU RI No. 28 tahun 2014 tentang hak cipta. Ahmad Dhani juga mengatakan, ingin memberikan keistimewaan pada konser EO Dewa 19 yang artinya hanya yang bisa membawakan lagu Dewa 19.

Sekali Mekel. [Instagram]
Sekali Mekel. [Instagram]

Itulah fakta perseteruan Ahmad Dhani dengan Once Mekel yang belakangan ramai diperbincangkan.