4 Artis Pilih Golput 2024, Ada yang Sudah Tidak Memilih Sejak Tahun 2019 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berlangsung pada 14 Februari. Belakangan ini masyarakat mulai menunjukkan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden pilihannya, termasuk artis Tanah Air.

Melalui media sosial, para artis yang sudah menentukan pilihan menunjukkan dukungannya terhadap Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) tertentu.

Sebut saja Raffi Ahmad yang baru-baru ini mengikuti kegiatan pasangan calon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Rakabuming Raka.

Berbeda dengan kebanyakan, artis berikut ini justru mengaku berkulit putih alias pantang.

Salah satunya Nirina Zubir yang diduga netral karena tegas menyatakan penolakan menyuarakan dukungannya terhadap pasangan calon mana pun.

Seperti diketahui, abstinensi merupakan pilihan masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih untuk tidak memilih atau ikut serta agar tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu. Golput bahkan dilarang MUI.

Nirina Zubir kemudian menjelaskan, dirinya akan menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin. Hanya saja, istri Ernest Cokelat ini menunggu calon presiden dan wakil presiden yang mampu berkomitmen menyelesaikan masalah mafia tanah.

Lantas artis mana yang memilih abstain di 2024 jika Nirina Zubir masih berpikir dua kali? Simak ulasan berikut ini.

1. Jerinx SID

Artis Pilih Pantang 2024 (Instagram/@true_jrx)

Pada 5 Januari lalu, Jerinx SID mengaku akan kembali netral pada Pemilu 2024. Jerinx bahkan menolak tawaran dua paslon yang ingin mengajaknya tampil dengan bayaran ratusan juta rupiah.

Sikap Jerinx SID tak berubah karena ia juga golput pada Pemilu 2019. Menurut penabuh band SID itu, golput bukan berarti tidak peduli dengan politik, melainkan sikap menekan pemerintah agar tegas mengambil pilihan. masyarakat atau investor mengenai reklamasi Teluk Benoa.

2. Sujiwo Tejo

Sujiwo Tejo saat ditemui di Jakarta, Kamis (12/2). [Pahami.id/Oke Atmaja]
Artis Pilih Pantang 2024 [Pahami.id/Oke Atmaja]

Begitu pula Sujiwo Tejo yang konsisten tidak memilih, baik pada pemilu sebelumnya maupun pemilu 2024 mendatang. Meski begitu, dia tidak mengimbau masyarakat untuk tidak memilih.

Sujiwo Tejo bahkan berpesan agar masyarakat tetap memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024. Namun, aktor berusia 61 tahun itu juga menyarankan agar seluruh pasangan calon memilih agar surat suara tidak disalahgunakan oleh pihak tertentu.

3.Nora Alexandra

Nora Alexandra. [Instagram]
Artis Pilih Pantang 2024 (Instagram/@noraalexandra)

Berbeda dengan Jerinx SID, Nora Alexandra memilih tak golput. Nora Alexandra akan terus memilih dan mengunjungi TPS pada pemilu 2024.

Namun menurut Jerinx SID, semua calon akan dipilih istrinya. Pilihan Nora Alexandra membatalkan surat suara sehingga belakangan ini juga dianggap netral.

4.Deddy Corbusier

Deddy Corbuzier (Instagram/@mastercorbuzier)
Artis Pilih Pantang 2024 (Instagram/@mastercorbuzier)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Deddy Corbuzier akan abstain pada pemilu 2024 mendatang. Hal ini terkait dengan jabatan baru Deddy sebagai Letkol TNI Angkatan Darat.

Deddy Corbuzier mendapat pangkat letnan kolonel bergelar sejak Desember 2022. Salah satu kewajiban Deddy sebagai letnan kolonel bergelar itu rupanya tidak memilih pada pemilu mendatang alias golput.

Itulah sederet artis yang memilih tidak memilih pada pemilu 2024 mendatang karena berbagai alasan.

Kontributor: Neressa Prahastiwi