10 Amalan Malam Jumat yang Bisa Dijalankan Umat Muslim Sesuai Ajaran Rasulullah SAW – Berita Jatim

by
10 Amalan Malam Jumat yang Bisa Dijalankan Umat Muslim Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Pahami.id – Bagi umat Islam, hari Jumat adalah hari istimewa. Keistimewaan hari Jumat harus dimaksimalkan umat Islam untuk beribadah kepada Allah SWT, khususnya pada malam Kamis dan Jumat.

Nabi SAW seperti dalam hadis riwayat Abu Hurairah Radiyallahu anhu, Nabi SAW bersabda:

“Hari yang paling baik di mana matahari terbit (hari yang cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan.

“Pada hari ini Adam dimasukkan ke surga dan dikeluarkan darinya, dan hari kiamat tidak akan datang kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim).

Dipilih dari NU DaringAl-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’d bin ‘Ubadah sebuah hadits:

Insya Allah Insya Allah Insya Allah َوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّمُّةِ مَعَمُ السَّمُة ٍ وَلا سَمَاءٍ وَلَا ARْضٍ وَلَا رِْرٍ وَلَ ا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَِ ِ

“Raja segala hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Lebih besar dari Idul Fitri dan Idul Fitri. Pada hari Jumat ada lima prioritas. Pada hari Jumat, Allah menciptakan Nabi Adam dan membawanya keluar dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Pada hari Jumat ada saatnya tidak ada hamba yang meminta apapun kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama dia tidak meminta dosa dan tidak memutuskan silaturahmi. Kiamat juga terjadi pada hari Jumat. Tidak ada malaikat yang didekatkan kepada Allah, langit, bumi, angin, gunung-gunung, dan batu-batuan kecuali dia takut akan hari Jumat.”

Berikut 10 amalan yang boleh dilakukan umat Islam pada malam Jumat menurut ajaran Nabi Muhammad SAW:

1. Zikir dan doa

Pada malam Kamis dan Jumat, umat Islam dianjurkan untuk melantunkan mantra dan berdoa. Malam Jumat menjadi momentum bagi umat Islam untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Tolong doakan saya lebih banyak di malam hari dan Jumat. Barang siapa yang memberi berkah kepadaku satu kali, maka Allah akan memberkatinya 10 kali lipat.” (HR Al-Imam Al-Baihaqi)

2. Membaca Alquran

Selain mengaji dan berdoa, umat Islam pada malam Kamis dan Jumat dianjurkan untuk lebih banyak membaca Al-Quran. Hal ini juga dianjurkan oleh Nabi SAW.

Rasulullah SAW bersabda:

Dari

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan memancarkan seberkas cahaya di antara dua hari Jumat.” Hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Hakim.

3. Bacaan Yasin dan Al Kahfi

Dua surat dalam Al-Qur’an yang boleh diamalkan umat Islam di malam Jumat adalah surat Yasin dan surat Al Kahfi.

“Barangsiapa membacakan Surat Al Kahfi pada hari Jum’at, niscaya dia akan disinari cahaya di antara 2 Jum’at tersebut,” (Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

Sedangkan bacaan utama Al-Quran yang dibaca pada hari Jumat adalah surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas, dibaca setelah shalat Jumat sebanyak tujuh waktu.

4. Perbanyak Sholat

Amalan berikutnya yang bisa dilakukan umat Islam pada malam Jumat adalah memperbanyak jumlah shalat. Dalam sebuah hadis disebutkan:

Insya Allah semoga Allah merahmatinya dan memberinya kesejahteraan serta keberkahan هَا عَشْرًا

“Tingkatkanlah keberkahan kepadaku pada siang dan malam Jum’at. Barangsiapa membacakan salawat untukku satu kali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali lipat.” Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi.

5. Rapikan kuku dan kumis

Ritual khitanan berikutnya yang bisa dilakukan umat Islam pada malam Jumat adalah memotong kuku dan kumis. Rekomendasi ini datang dari Abu Jafar yang diambil dari kitab Assunanul Kubro.

Tuhan memberkati

Artinya: Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya pada hari Jumat (HR Imam Al-Baihaqi).

6. Mandi.

7. Berpakaianlah dengan baik.

8. Menggunakan wewangian dan wewangian.

9. Membaca doa saat keluar rumah.

10. Cepat menunaikan shalat Jumat,