17 Ciri–Ciri Meganthropus Paleojavanicus Terlengkap – Sejarah

by

Meganthropus Paleojavanicus merupakan salah satu manusia purba tertua di Indonesia. Namanya berasal dari kata Mega yang berarti besar dan Anthropus yang berarti manusia, serta Paleo yang berarti tertua dan Javanicus yang berarti Jawa. Jadi dapat disimpulkan yang dimaksud dengan Meganthropus Paleojavanicus adalah manusia berbadan besar tertua di Pulau Jawa atau manusia raksasa dari Jawa yang diperkirakan hidup 1-2 juta tahun yang lalu pada masa Paleolitik atau Zaman Batu Tua. . Meganthropus Paleojavanicus ditemukan oleh Von Koenigswald pada tahun 1936 di Sangiran.

Von Koenigswald adalah seorang peneliti Belanda yang melakukan penelitian di lembah Sungai Bengawan Solo dari tahun 1934 – 1941. Ia menemukan fosil manusia purba, bagian tengkorak dan rahang dengan bentuk tubuh lebih besar dari manusia purba lainnya, namun karena penemuan fosil . Meganthropus Paleojavanicus, jumlahnya sedikit, masih cukup sulit untuk dipastikan bagaimana peringkatnya dalam proses evolusi dan hubungannya dengan Pithecanthropus. Genus Meganthropus pertama kali diterbitkan pada tahun 1950 dengan jangkauan dari Afrika hingga Eurasia.

Ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus

Meganthropus Paleojavanicus memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pithecanthropus Erectus yang telah ditemukan sebelumnya. Berikut ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus yang telah ditentukan oleh para peneliti.

  1. Meganthropus Paleojavanicus hidup dengan hanya mengandalkan hasil alam hingga hidupnya bergantung pada alam.
  2. Cara hidup pada ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus adalah selalu berpindah tempat karena bertahan hidup dengan cara mengumpulkan makanan atau mengumpulkan makanan, misalnya mencari ikan di sungai dan mengumpulkan buah-buahan. Ketika sumber makanan di satu tempat habis, mereka akan pindah mencari lokasi lain.
  3. Rahang bawah Meganthropus Paleojavanicus tebal dan kuat.
  4. Tubuhnya disimpulkan sangat kuat.
  5. Dahi Meganthropus Paleojavanicus juga tebal dan menonjol.
  6. Tulang pipi yang tebal dan menonjol terlihat sangat dominan.
  7. Meganthropus Paleojavanicus memiliki otot yang sangat kuat.
  8. Sepertinya tidak memiliki dagu, tetapi bagian mulutnya menonjol.
  9. Tulang di ubun-ubun tampak pendek.
  10. Bentuk hidungnya lebar.
  11. Gigi dan rahangnya sangat besar sehingga otot pengunyahnya sangat kuat.
  12. Bentuk gigi gerahamnya menyerupai manusia.
  13. Volume otak 900 cc.
  14. Tingginya sekitar 2,5 meter.
  15. Cara berjalan Meganthropus mirip dengan orangutan, yaitu agak bungkuk dengan lengan menopang tubuh.
  16. Lengannya lebih panjang dari kakinya.
  17. Menggunakan alat masak yang masih sangat kasar karena dibuat dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan saling membenturkan batu. Pecahan akibat benturan batu akan menyerupai kapak. Alat-alat ini kemudian digunakan untuk mengumpulkan makanan dan memasak.

Fosil Meganthropus Paleojavanicus lainnya

Pada tahun 2005, taksonomi dan filogeni dari spesimen meganthropus masih belum pasti, meskipun kedekatannya dengan Homo erectus dianggap oleh sebagian besar ahli paleoantropologi pada tingkat tertentu. Indikasi ketidakpastian klasifikasinya dapat dilihat dari sebutan Homo Palaeojavanicus dan Australopithecus Palaeojavanicus yang terkadang digunakan untuk menyebut Meganthropus Paleojavanicus.

Beberapa temuan fosil meganthropus juga disertai dengan artefak yang mirip dengan yang digunakan oleh Homo erectus. Itulah sebabnya Meganthropus Paleojavanicus sering diasosiasikan dengan spesies ini dan disebut sebagai Homo Erectus Paleojavanicus. Penemuan beberapa fosil yang diduga terkait dengan Meganthropus Paleojavanicus juga berlanjut setelahnya, namun tidak dapat diklasifikasikan dengan jelas karena kurangnya bukti:

  • Sangiran 6A / Meganthropus A

Von Koenigswald pertama kali menemukan fragmen rahang besar sebagai temuan fosil di Indonesia pada tahun 1941. Dia mengirim fragmen rahang ke Franz Weidenreich ketika ditangkap oleh Jepang dalam Perang Dunia II. Weidenreich kemudian melanjutkan penelitiannya dan menamai spesimen tersebut pada tahun 1945. Dia menyatakan bahwa spesimen tersebut memiliki rahang terbesar yang pernah dilihatnya. Rahangnya dikatakan berukuran sama dengan gorila tetapi memiliki bentuk yang berbeda. Setelah berbagai rekonstruksi dan penelitian, ditemukan kemungkinan meganthropus lebih besar dari gorila mana pun yang kita kenal.

  • Sangiran 8 / Meganthropus B

Penemuan fosil ini adalah fragmen tulang rahang lain yang dideskripsikan oleh Marks pada tahun 1953. Ukuran dan bentuknya hampir sama dengan mandibula asli tetapi rusak parah. Sebuah tim dari Indonesia dan Jepang baru-baru ini menemukan fosil tersebut, dan menemukan bahwa itu adalah tulang rahang dewasa yang lebih kecil dari Homo erectus. Namun, yang membingungkan, spesimen tersebut memiliki beberapa fitur unik yang sama dengan penemuan awal, dan fitur tersebut tidak ditemukan pada Homo erectus.

  • Sangiran 33/ Meganthropus C

Penemuan fosil berupa fragmen tulang rahang yang ditemukan pada tahun 1979 ini, memiliki beberapa persamaan umum dengan penemuan rahang bawah yang telah ditemukan sebelumnya. Kaitan fosil ini dengan Meganthropus Paleojavanicus tampaknya merupakan mata rantai terlemah dari penemuan tulang rahang sebelumnya.

Fosil berupa tulang rahang dan ramus ditemukan oleh Sartono pada tahun 1993 dan diperkirakan berumur antara 1,4 hingga 0,9 juta tahun yang lalu. Ramus rusak parah, tetapi rahang bawah tampaknya relatif tidak rusak meskipun detail giginya telah hilang. Fosil itu relatif kecil tetapi bentuknya sangat mirip dengan Meganthropus A. Sartono, Tyler dan Krantz akhirnya sepakat bahwa Meganthropus A dan D tampaknya merupakan contoh dari spesies yang sama, apa pun itu.

  • Sangiran 27 / Meganthropus I

Tyler menggambarkan spesimen yang ditemukan hampir lengkap tetapi dengan tengkorak terfragmentasi yang berada pada batas ukuran Meganthropus Paleojavanicus. Eksterior dianggap berada pada batas ukuran Homo erectus. Tidak seperti biasanya, spesimen ini memiliki punggungan temporal dua bagian, atau lambang sagital, yang hampir bertemu di bagian atas tengkorak dan juga memiliki punggungan nuchal yang menebal.

  • Sangiran 31/Meganthropus II

Penemuan fosil berupa pecahan tengkorak ini pertama kali dideskripsikan oleh Sartono pada tahun 1982. Analisis Tyler menghasilkan kesimpulan bahwa ukurannya berada di luar kisaran normal Homo erectus. Tengkoraknya lebih dalam, berkubah lebih rendah, dan lebih lebar daripada spesimen lain yang pernah ditemukan. Puncak sagital ganda dengan kapasitas tengkorak sekitar 800 – 1000 cc. Sejak dipresentasikan pada pertemuan AAPA tahun 1993, rekonstruksi Sangiran 31 telah diterima oleh banyak pihak. Sejauh ini tidak ada Homo erectus lain yang memperlihatkan ciri-ciri ini.

Ini adalah temuan fosil lain yang memiliki hubungan lemah dengan Meganthropus Paleojavanicus. Temuan itu diperkirakan bagian belakang tengkorak hominid berukuran 7 hingga 10 cm. Tyler pada tahun 1996 mendeskripsikan penemuan sudut oksipital seluruh tengkorak yang diperkirakan 120 derajat. Menurut Tyler itu adalah rentang ukuran yang dimiliki oleh Homo erectus. Namun, interpretasi Tyler masih dipertanyakan oleh pihak berwenang yang meragukan adanya hubungan semacam itu.