Wakil Komite Wasit PSSI Yoshimi Ogawa Sebut Fisik Wasit di Indonesia Lembek Perlu Ditingkatkan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa mengatakan, wasit lapangan di Tanah Air masih mengalami kendala fisik. Pria asal Jepang itu menyebut wasit Indonesia lunak dalam urusan fisik.

Hal tersebut disampaikan Yoshimi Ogawa dalam diskusi bersama awak media di Jakarta, Senin (20/11/2023) sore. Dalam kesempatan itu, ia menyoroti kebugaran wasit.

Padahal, menurutnya, fisik menjadi faktor penting bagi wasit. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan agar lebih optimal.

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Yoshmi Ogawa saat ditemui awak media di Jakarta, Senin (20/11/2023). (Sura.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Sebenarnya pada bulan Juni saya datang ke sini untuk melihat tes kebugaran, namun tanpa latihan praktik. Tingkat kebugaran beberapa wasit cukup baik, namun ada beberapa wasit yang perlu ditingkatkan, kata Ogawa usai diskusi.

“Mungkin lebih dari 50 persen wasitnya bagus. Tapi selebihnya juga terkait wasit di Liga 1 dan Liga 2. Sebaiknya ditingkatkan kebugarannya, lanjutnya.

Lebih lanjut, Ogawa mengaku memiliki beberapa program kepada wasit di Tanah Air khususnya untuk meningkatkan kondisi fisiknya. Selain itu ada materi yang ingin diberikannya yaitu tentang LOTG alias Laws of The Games terbaru.

“Program dukungan seperti ini akan kami teruskan kepada wasit, asisten wasit dan tentunya akan ditingkatkan,” jelasnya.

“Khusus hari ini, saya share ke bapak-bapak (awak media) bagaimana kita bisa menganalisa kinerja mereka, bagaimana kita bisa memberikan masukan kepada mereka. Lalu, berdasarkan umpan balik itu, bagaimana mereka bisa berkembang di pertandingan berikutnya.”

“Ini sangat penting jadi saya belum bisa bilang (soal kinerjanya), tolong beri kami waktu untuk melihat perbaikannya,” tutupnya.