Update Tim Asia Tenggara di Piala Asia 2023, Tinggal 2 Tim yang Mungkin Lolos Babak 16 Besar – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Malaysia mengalami kekalahan pahit di Piala Asia 2023 usai kalah 0-1 dari Bahrain pada laga hari kedua Grup E di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, Sabtu (20/1/2024) sore. Harimau Malaya harus merelakan kemenangan ketika Ali Madan mencetak gol pada menit ke-95 yang menyebabkan Dion Cools dan kawan-kawan tersingkir lebih awal dari turnamen ini.

Kekalahan ini menyisakan rasa kecewa karena terjadi di menit-menit akhir pertandingan. Meski di laga pertama Malaysia kalah 0-4 dari Yordania, namun hasil laga terakhir fase grup melawan Korea Selatan tetap tidak mempengaruhi nasib Malaysia di turnamen ini.

Malaysia kini menjadi tim ASEAN kedua yang terpaksa pulang lebih awal dari Piala Asia 2023, mengikuti jejak Vietnam yang sebelumnya dipastikan gagal lolos ke fase grup usai kalah 2-4 dari Jepang dan 0-1 dari Indonesia. .

Para pemain Bahrain melakukan selebrasi usai laga kedua Grup E Piala Asia 2023 antara Bahrain vs Malaysia di Stadion Jassim bin Hamad Doha pada 20 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP.

Meski begitu, masih ada dua wakil Asia Tenggara yang terus mewujudkan asa di Piala Asia 2023, yakni timnas Indonesia dan Thailand.

Thailand berada dalam posisi relatif aman di puncak klasemen Grup F setelah memenangi laga pertamanya melawan Kyrgystan. Mereka akan menghadapi laga kedua melawan Oman pada Minggu (21/1/2024).

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Sandy Walsh Pacu Semangat Timnas Indonesia Jelang Jepang, Targetkan Babak 16 Besar

Sementara itu, Timnas Indonesia akan menghadapi laga penentu melawan Jepang di Grup D. Meski berada di peringkat ketiga dengan raihan tiga poin berkat kemenangan atas Vietnam, peluang Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar terbuka lebar. . .

Jepang yang kalah 1-2 dari Irak di laga kedua akan berusaha keras mengamankan satu tempat di babak 16 besar.

Skenario Timnas Indonesia melaju ke babak selanjutnya mungkin melalui jalur runner-up terbaik karena masih masuk dalam daftar empat tim teratas yang berhak melaju melalui skema tersebut. Dengan semangat dan perjuangan yang maksimal, Timnas Indonesia tetap optimistis bisa membawa pulang hasil memuaskan di Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Mulai panik, Takefusa Kubo khawatir impian Jepang akan terkubur oleh timnas Indonesia

Takut dengan Timnas Jepang

Bintang timnas Jepang, Takefusa Kubo menegaskan anak asuhnya harus fokus jelang menghadapi timnas Indonesia pada laga final Grup D Piala Asia 2023, Rabu pekan depan (24/1/2024).

Kubo yang saat ini bermain di Liga Spanyol bersama Real Sociedad menegaskan Jepang harus fokus pada laga terakhir Grup D untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Situasi Jepang menjadi sulit setelah di luar dugaan mereka kalah 1-2 dari Irak pada match day kedua yang berlangsung Jumat (19/1/2024).

Kekalahan ini membuat tim berjuluk Samurai Biru itu belum bisa dipastikan lolos ke fase gugur. Hasil melawan Timnas Indonesia akan menentukan peluang mereka lolos babak grup.

Kekalahan dari Irak tak hanya membuat Jepang harus bekerja lebih keras untuk lolos ke fase gugur, tapi juga membuat mereka khawatir bertemu Korea Selatan di babak 16 besar.

Jika Jepang berhasil mengalahkan Timnas Indonesia, mereka akan finis sebagai runner-up Grup D dan berhadapan dengan juara Grup E, kemungkinan Korea Selatan atau Yordania.

Kubo menegaskan, dirinya dan kawan-kawan tidak boleh berpikir terlalu jauh ke depan. Ia mengingatkan, hasil yang tidak diinginkan bisa saja terjadi jika mereka kehilangan fokus pada laga melawan Timnas Indonesia.