Berita Korban Tewas Agresi Israel ke Gaza Hampir Tembus 25 Ribu Jiwa

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Kesehatan yang berbasis di Gaza, Palestina mencatat jumlah kematian akibat serangan itu Israel ke Gaza mencapai 24.927 orang hingga Sabtu (20/1).

Kutipan AFP, pernyataan kementerian juga menyebutkan setidaknya 165 orang meninggal dalam 24 jam terakhir. Sementara itu, 62.388 lainnya terluka sejak invasi Israel yang dimulai pada 7 Oktober 2023.

Dalam pemberitaan sebelumnya, diberitakan mayoritas korban tewas dalam serangan Israel di Gaza adalah anak-anak dan perempuan.


Invasi Israel ke Gaza, Palestina telah berlangsung lebih dari 100 hari sejak dimulai pada Oktober lalu. Serangan tersebut menjadi konflik terpanjang, paling berdarah dan paling merusak antara kedua wilayah tersebut.

Serangan Israel yang terus berlanjut telah menyebabkan sebagian besar warga Palestina kehilangan tempat tinggal dan tempat tinggal.

Mereka juga dilanda kelaparan dan kurangnya akses terhadap layanan kesehatan. Pasalnya, rumah sakit di daerah kantong tersebut juga menjadi sasaran tentara Zionis.

Terbaru, tentara Israel membombardir kawasan sekitar Rumah Sakit Nasser, Kota Khan Younis di Gaza Selatan, Jumat (19/1).

Seperti dilansir kantor berita Palestina WAFAserangan itu menewaskan hampir 30 orang.

Ambulans dan kru penyelamat menemukan 29 mayat di bawah reruntuhan rumah yang hancur dan di jalan-jalan sekitarnya.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina juga mengatakan pada hari Jumat bahwa beberapa pengungsi terluka dalam serangan pesawat tak berawak Israel. Serangan itu menargetkan markas besar organisasi tersebut dan Rumah Sakit Al-Amal, yang terletak dekat Rumah Sakit Nasser.

Baru-baru ini, militer Israel menyatakan akan fokus melancarkan serangan ke Jalur Gaza bagian selatan. Kawasan ini merupakan satu-satunya kawasan yang diklaim Israel paling aman bagi warga sipil.

Jika serangan terkonsentrasi di wilayah selatan, maka warga sipil Gaza akan semakin terhimpit dan terancam krisis kemanusiaan yang jauh lebih besar.

Menurut Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), sebanyak 85 persen penduduk di Gaza kini kehilangan tempat tinggal dan menghadapi kelaparan. Mereka tidak memiliki cukup akses terhadap makanan, air bersih, atau obat-obatan untuk mempertahankan hidup mereka di tengah invasi brutal Israel ke Gaza.

(pantat/pantat)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);