Tumbang di Laga Pembuka, Ini Skenario Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Demi membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia harus memastikan kemenangan melawan Vietnam di fase grup yang sedang berlangsung.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama Jepang, Vietnam, dan Irak. Tim besutan Shin Tae-yong mengawali perjalanannya di turnamen di Qatar dengan kekalahan.

Bertujuan meraih hasil imbang jelang laga, skuad Garuda harus menelan pil pahit kekalahan 1-3 di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Qatar pada 15 Januari.

BACA JUGA: Bela Negara, Erick Thohir Himbau Netizen Tak Haram Pemain Timnas Indonesia yang Bermain di Piala Asia 2023

Meski berada di posisi terbawah dengan poin nol dan selisih gol -2, Timnas Indonesia masih berpeluang melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan sisa dua pertandingan.

Dua tim teratas dari enam grup Piala Asia 2023 dijamin lolos, ditambah empat tim peringkat ketiga teratas babak penyisihan grup juga akan melaju ke babak sistem gugur alias 16 besar.

Sayangnya, saat ini Timnas Indonesia tidak masuk dalam empat tim dengan peringkat terbaik ketiga, posisi tersebut diisi oleh Uzbekistan (1 poin), Tajikistan (1 poin), Oman (0 poin), dan Vietnam (0 poin). . .

BACA JUGA: Bukan Hanya Rezim Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Belum Pernah Lawan Vietnam Sejak Era Alfred Riedl

Meski sama-sama memiliki poin nol, namun Oman dan Vietnam memiliki selisih gol dan produktivitas gol yang lebih baik dibandingkan Indonesia sejauh ini.

Pada laga hari ke-2 Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Jumat (19/1/2024) besok malam pukul 21:30 WIB.

Kemenangan melawan Vietnam pada laga besok menjadi langkah awal yang penting bagi timnas Indonesia, dan memang skuad Garuda wajib meraih kemenangan.

BACA JUGA: Media Vietnam Lempar Psywar: Timnas Indonesia Tak Berlaga di Piala Asia, Besok Bawa Bagasi dari Qatar!

Kegagalan meraih poin penuh membuat peluang lolos dari grup menjadi kecil, apalagi Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang di final Grup D pada 24 Januari mendatang yang merupakan tantangan berat.

Jika langkah pertama berhasil yakni menang melawan Vietnam, setidaknya hasil imbang melawan Jepang di laga terakhir akan memperbesar peluang Timnas Indonesia lolos ke fase knockout sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Kontributor: Imadudin Robani Adam