Tinggalkan Mills, Timnas Indonesia Resmi Gandang Apparel Baru – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSSI resmi menjalin kerja sama baru dengan tim lokal, Erspo untuk menyuplai kebutuhan jersey dan perlengkapan lainnya bagi Timnas Indonesia, melalui acara perkenalan yang berlangsung di Jakarta, Senin (22/1/2024).

“Jika kita ingin sukses bersama, kita harus mendapatkan manfaat dari kerja sama jangka panjang. Oleh karena itu, saya mengapresiasi sang pendiri (merek) di Indonesia yang percaya pada transformasi sepak bola. Dan kami juga pasti yakin merek lokal bisa mendunia, kata General Manager PSSI, Erick Thohir, Senin.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada PSSI, dan saya sebagai Ketua Umum PSSI akan menjaga kepercayaan itu,” tambah Erick dalam laman resmi PSSI.

Erick membeberkan nilai kerja sama PSSI dan Erspo senilai Rp 16,5 miliar. Dari jumlah itu, Rp 5 miliar berupa uang tunai, Rp 8,5 miliar berupa produk, serta ada nilai royalti.

Soal jangka waktu kerjasama, Erick mengatakan, Erspo menginginkan kerjasama jangka panjang, bahkan hingga 10 tahun.

Namun Erick dan PSSI meminta jangka waktu kerja sama selama dua tahun sebelumnya, dan bisa diperpanjang jika semua pihak tidak berkeberatan.

Selain Erspo, ada sekitar 20 merek yang ingin menjadi sponsor pakaian Timnas Indonesia. Erick mengatakan, selain nilai komersial yang ditawarkan Erspo, ada faktor lain yang turut berkontribusi merek Terpilihnya menjadi sponsor busana timnas merupakan strategi pengembangan kerja sama.

Pendiri Erspo, Muhammad Sadad yang juga merupakan salah satu tokoh pendiri pun turut mengungkapkan kegembiraannya merek Erigo yang populer.

“Secara pribadi, ini sebenarnya proyek idealis, bukan sekadar proyek bisnis. Iya pasti perlu ada bisnisnya, karena khawatir produk ini KW-nya banyak atau bajakan. Semoga dapat diapresiasi oleh para pecinta sepak bola di kalangan masyarakat Indonesia, kata Sadad.

Dalam keterangannya, Sadad mengatakan Erspo merupakan entitas yang berbeda dengan Erigo karena Erspo mengutamakan performa seperti pakaian olahraga pada umumnya.

Seragam baru Timnas Indonesia ciptaan Erspo ini akan resmi diluncurkan pada Maret mendatang, dan mulai dipakai pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini PSSI masih menggunakan seragam buatan merek lokal lain, Mills, yang sudah memasok pakaian timnas sejak Februari 2020.

Seluruh timnas dari kelompok usia termuda hingga senior di bawah PSSI mengenakan pakaian Mills, kecuali multievent olahraga seperti Asian Games atau SEA Games yang memakai produk Li Ning yang merupakan sponsor resmi kontingen tersebut.

Tim futsal nasional juga tidak menggunakan produk Mills, melainkan menggunakan produk dari Specs.