Tinggalkan Atletico Madrid, Geoffrey Kondogbia Resmi Berseragam Marseille – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Olympique de Marseille resmi mendatangkan pemain baru, Geoffrey Kondogbia dari Atletico Madrid.

“Hari ini mengumumkan penandatanganan Geoffrey Kondogbia dari Atleico Madrid. Sang gelandang sudah berkomitmen ke Marseille setelah sukses menyelesaikan tes medisnya,” baca pengumuman resmi klub, dikutip ANTARA, Sabtu (1/7/2023).

Gelandang Valencia asal Prancis Geoffrey Kondogbia melepaskan tembakan ke gawang SD Huesca saat Liga Spanyol berlanjut di stadion Mestalla. JOSE JORDAN / AFP

Transfer pemain berusia 30 tahun itu diperkirakan menelan biaya 8 juta euro dengan kontrak empat tahun hingga 2027.

“Biaya akhir adalah 8 juta euro. Kontrak empat tahun. Tes medis disetujui. Dia hanya ingin bergabung dengan OM,” tulis ahli transfer Fabrizio Romano di Twitter pada hari Sabtu.

Lulusan akademi RC Lens, Kondogbia memainkan pertandingan profesional pertamanya pada usia 17 tahun di mana ia bermain enam menit saat timnya kalah 3-1 di Ligue 1 dari Olympique Lyon pada November 2010, menurut Transfermarkt.

Setelah debutnya, pada musim 2011/2012, Kondogbia menjadi andalan RC Lens dimana pada musim tersebut ia mencetak satu gol dan dua assist dari 37 pertandingan di semua kompetisi.

Setelah itu, pemain kelahiran 15 Februari 1993 ini memperkuat lima klub yakni Sevilla, AS Monaco, Inter Milan, Valencia, dan Atletico Madrid selama lebih dari satu dekade setelah pindah dari Lens.

Dengan klub terakhirnya yang dikelola Diego Simeone, Kondogbia telah tampil 93 kali di semua kompetisi dengan mencetak satu gol dan memberikan empat assist sejak didatangkan pada November 2020.

Ia juga berhasil meraih satu trofi untuk klub yang bermarkas di Stadion Metropolitano yaitu Liga Spanyol 2020/2021.

Sementara itu, di level timnas, Kondogbia pernah bermain untuk tim muda Prancis dan menjuarai Piala Dunia U20 2013 di Turki di mana ia bermain bersama Jordan Veretout di lini tengah Les Bleus.

Setelah beberapa kali tampil untuk timnas Prancis, Kondogbia kemudian pindah ke timnas dan memilih bergabung dengan timnas Republik Afrika Tengah pada 2018 dan sejauh ini telah mencatatkan 11 caps dan dua gol.