Timnas Indonesia Sulit Bobol Vietnam, Rafael Struick Ungkap Senjata Garuda untuk Akhiri ‘Kutukan’ – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Striker Timnas Indonesia Rafael Struick berharap Garuda mengakhiri kutukan tak mampu menembus gawang Vietnam saat kedua tim bertemu di Grup D Piala Asia 2023.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam akan tersaji pertama kali di Piala Asia pada laga hari kedua fase grup di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024).

Laga ini akan menjadi ujian pahit bagi Timnas Indonesia, mengacu pada statistik pertemuan beberapa tahun terakhir. Salah satu yang menarik adalah ketidakmampuan Garuda menembus Vietnam di level senior dalam lima tahun terakhir.

Terakhir kali Timnas Indonesia mencetak gol ke gawang The Golden Star Warriors di Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 adalah pada tahun 2019 melalui Irfan Bachdim.

Bermula dari pertemuan itu, Timnas Indonesia tak mampu mencetak gol ke gawang Vietnam dalam empat pertemuan. Dalam kurun waktu tersebut, tim Merah Putih juga belum pernah meraih kemenangan.

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (kanan) saat laga melawan Libya. (pssi.org)

Berkaca pada hasil tersebut, Rafael Struick tak mau pesimis. Striker klub asal Belanda, ADO Den Haag, justru termotivasi untuk mengakhiri “kutukan” tersebut.

Struick yakin Timnas Indonesia mampu membobol gawang Vietnam, mengacu pada performa yang ditunjukkan rekan-rekannya saat kalah 1-3 dari Irak pada laga pertama Grup D, Senin (15/1/2024).

Pada pertandingan di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, skuad Garuda mencetak gol tunggal melalui Marcelino Ferdinand yang memanfaatkan umpan silang Yakob Sayuri.

Dalam prosesnya, Yakob bergerak dari sayap kanan lalu melewati pemain Irak tersebut sebelum melepaskan umpan silang ke arah kotak penalti.

Saya rasa Anda bisa melihat gol terakhir kami ke gawang Irak, ada pola yang kami jalankan. Jika kami mencoba pola itu, saya kira gol akan datang lagi, kata Struick dalam keterangannya dikutip Kamis (18/1/2024). .

Lebih lanjut, Rafael mengaku sangat siap melawan Vietnam. Ia berjanji akan melakukan segalanya jika diminta kembali sebagai starter,

“Kondisi saya bagus, saya sedikit lelah dari laga terakhir (melawan Irak). Tapi sejauh ini kondisi saya bagus,” tutupnya.

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi keempat atau terakhir Grup D Piala Asia 2023 dengan poin nol, setara dengan Vietnam, namun rival asal ASEAN itu berhasil meraih jumlah gol menyusul kekalahan 2-4 dari Jepang.