Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia Realistis Kok – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Wakil General Manager PSSI Zainudin Amali menyatakan target Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar merupakan target yang realistis. Hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil meski Timnas Indonesia akan menghadapi lawan yang sulit.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasang target lolos ke fase gugur Piala Asia 2023. Amali menyebut PSSI mendorong Shin Tae-yong untuk mewujudkan target tersebut.

Meski di satu sisi, PSSI harus realistis dengan peluang tersebut. Pada Piala Asia 2023, skuad Garuda akan tergabung di Grup D bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Vietnam.

Tentu saja, seperti yang disampaikan pelatih Shin Tae-yong, dia menargetkan kami bisa lolos ke 16 besar. Itu yang kami harapkan. Federasi harus realistis, tapi menurut saya itu bukan sesuatu yang mustahil, ujarnya. Latihan seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (25/12).

Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali (kiri) turut memantau pemusatan latihan (TC) alias pemusatan latihan Timnas Indonesia di Antalya, Turki, persiapan jelang Piala Asia Qatar 2023. [dok. PSSI]

Amali menambahkan, General Manager PSSI, Erick Thohir, selalu berbicara dengan Shin Tae-yong mengenai perkembangan pemain senior timnas Indonesia.

Saat ini Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki.

TC tersebut akan berlangsung hingga 6 Januari 2024. Selain latihan, skuad Garuda juga akan menjalani dua kali uji coba bersama Libya pada 2 dan 5 Januari di Antalya.

Setelah itu, persiapan dilanjutkan di Qatar. Dan sebelum Piala Asia 2023 dimulai pada 12 Januari 2024, Timnas Indonesia akan menantang Iran pada laga persahabatan pada 9 Januari.

“Ketua PSSI selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan anak-anak tersebut. Kami juga tidak bisa menargetkan hal-hal besar, sementara kami tidak realistis dengan keadaan kami sendiri,” jelas Amali.

Jadi seperti yang disampaikan pelatih Shin Tae-yong, dia akan berusaha membawa kita ke babak 16 besar, jadi kita tunggu saja, kata Menpora RI periode 2019-2023.