Terbukti Mematikan, Lemparan Maut Pratama Arhan Dilarang di Liga Inggris? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Liga Sepak Bola Inggris (EFL), yang menjalankan kompetisi tingkat kedua hingga keempat di Liga Premier, mendorong aturan baru untuk musim 2023-2024. Salah satunya terkait lemparan maut Arhan Pratama.

Pratama Arhan menjadi sorotan dunia setelah mampu merepotkan kiper timnas Argentina, Emiliano Martinez dengan lemparan jarak jauh yang terkenal pada 19 Juni 2023.

Dalam laga timnas Indonesia vs Argentina di FIFA Match Day Juni 2023, Arhan yang tampil di babak kedua berhasil mengubah jalannya pertandingan.

Setelah benar-benar dikuasai Argentina di babak pertama, Indonesia beberapa kali mampu membuat lawan, terutama kiper Emiliano Martinez, menjadi liar.

Tendangan maut Pratama Arhan nyaris berbuah gol saat bola ditanduk oleh Elkan Baggott dan mengarah ke gawang Argentina. Emiliano Martinez diolok-olok sebelum berjuang untuk membersihkannya dari lapangan.

Pemain skuat Indonesia, Pratama Arhan bersiap melakukan lemparan jauh saat pertandingan FIFA Match Day di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) sore. [Pahami.id/Dwi Bowo Raharjo]

Yang terbaru, EFL mengeluarkan peraturan yang melarang pemain menggunakan handuk untuk mengelap bola saat mencoba melepaskan lemparan, seperti yang sering dilakukan Arhan.

Arhan menyeka bola dengan handuk dalam upaya untuk mendapatkan pegangan bola yang lebih baik sebelum melepaskan roket jarak jauh.

Aturan EFL baru akan berlaku mulai 2023-2024. Pemain dari divisi Championship, League One, dan League Two tidak lagi diperbolehkan menggunakan handuk atau barang lain untuk menyeka bola.

Sebaliknya, EFL akan menyiapkan beberapa bola di berbagai titik di sekitar lapangan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi waktu pertandingan.

Pemain tidak perlu repot menjemur bola karena kulit bundar sudah disiapkan dalam keadaan kering.