Takut Ketemu Korsel, STY Pilih Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia via Jalur Peringkat Tiga Terbaik – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengaku lebih memilih timnya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 ketimbang jalur terbaik perebutan tempat ketiga. Lewat jalur tersebut, peluang skuad Garuda bertemu Korea Selatan (Korsel), negara asal Shin Tae-yong, sangat kecil.

Piala Asia 2023 rencananya akan digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Meski berada di grup yang sangat sulit, Shin Tae-yong tetap mengincar Timnas Indonesia untuk melaju ke babak 16 besar.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (dok.PSSI)

Nah, pada babak kali ini Timnas Indonesia berpeluang bertemu dengan Timnas Korea Selatan.

Sedangkan Son Heung-min dan kawan-kawan tergabung di Grup E Piala Asia 2023 bersama Malaysia, Yordania, dan Bahrain. Melihat persaingan yang ada, Korea Selatan sebagai salah satu favorit juara Piala Asia diyakini mampu lolos ke babak 16 besar.

Enam juara grup Piala Asia 2023 akan lolos bersama enam runner-up grup ke babak 16 besar. Empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup akan menyelesaikan fase gugur turnamen di Qatar.

Nah, laga Timnas Indonesia melawan negara asal Shin Tae-yong bisa saja terjadi dalam beberapa skema. Pertama, Korea Selatan lolos sebagai juara grup, sedangkan Timnas Indonesia menjadi runner-up.

Nantinya, Timnas Indonesia menjadi juara Grup D, sedangkan Korea Selatan lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Untuk skema ini peluangnya sangat kecil, bisa dibilang peluang terbaik dan paling realistis bagi Timnas Indonesia untuk lolos adalah melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Shin Tae-yong sendiri yakin negara asalnya akan memuncaki Grup E.

Menyadari keunggulan Korsel, Shin Tae-yong lebih memilih Timnas Indonesia lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim tiga besar fase grup, ketimbang harus menghadapi negaranya saat Timnas Indonesia finis di posisi runner-up. . Grup D.

Dengan asumsi Timnas Indonesia bisa lolos, Shin Tae-yong menyebut skuad Garuda akan sangat sulit menang melawan Korea Selatan di babak 16 besar.

“Saya lebih memilih (Timnas Indonesia) lolos ke babak 16 besar dengan menempati peringkat ketiga dibandingkan peringkat kedua. Secara realistis, kemungkinan kita menang melawan Korea Selatan di babak 16 besar sangat kecil,” kata Shin Tae-yong kepada South China Morning Post. Media Korea, Sports Seoul, Rabu (10/1/2024).

Striker timnas Korea Selatan, Son Heung-min. [JUNG YEON-JE / AFP]
Striker timnas Korea Selatan, Son Heung-min. [JUNG YEON-JE / AFP]

“Kalau finis ketiga, peluang kami lebih besar. Lebih mudah dari Korea Selatan,” lanjut pelatih yang membesut Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Shin Tae-yong sendiri menyatakan Timnas Indonesia sudah melakukan persiapan matang jelang Piala Asia 2023.

Ia yakin timnya mampu lolos ke babak 16 besar, meski skuad Garuda selalu kalah di laga uji coba sebelum turnamen; 0-4 dan 1-2 melawan Libya dan 0-5 melawan Iran.

“Kami telah melakukan persiapan yang baik untuk Piala Asia 2023. Kami akan berusaha keras untuk lolos ke babak 16 besar,” kata Shin Tae-yong.

“Kami juga akan berusaha memenangkan setiap pertandingan,” kata pelatih peraih gelar Liga Champions Asia saat membesut klub Korea Selatan Seongnam Ilhwa Chunma pada 2010 itu.