Tak Akur tapi Satu Pandangan Soal ‘Gunakan’ Witan Sulaeman – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Maklum, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan juru taktik Persija Jakarta, Thomas Doll, tak sependapat karena polemik pemanggilan pemain ke skuad Garuda suatu saat nanti.

Namun nyatanya kedua pelatih asing tersebut memiliki pandangan yang sama terkait keputusan “menggunakan” Witan Sulaeman di skuadnya masing-masing.

Hal itu diketahui setelah STY memutuskan menggunakan Witan sebagai bek kanan dalam formasi 4-4-2 saat Timnas Indonesia menghadapi Libya, Selasa (2/1/2024).

Witan Sulaeman masuk di babak kedua menggantikan Yakob Sayuri. Meski berposisi sebagai fullback, sang pemain nampaknya lebih diberi kebebasan menyerang.

Pendekatan taktis yang dilakukan Shin Tae-yong terhadap Witan sebenarnya bukan hal baru. Thomas Doll di Persija Jakarta sudah mencobanya namun dalam formasi berbeda dimana Witan ditempatkan sebagai bek sayap kanan dengan sistem 3-4-2-1.

Witan juga membuka tentang pendekatan taktis yang sama yang dia terapkan pada Thomas Doll dan Shin Tae-yong. Ia mengaku tidak ada masalah.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memimpin sesi latihan di TC di Antalya, Qatar. [dok. PSSI]

Sebelumnya saya bermain di posisi bek sayap kiri saat bermain di Persija, kata Witan, dikutip dari situs resmi PSSI, Kamis (4/1/2024).

“Saya rasa tidak jauh berbeda, apakah saya bermain di sayap kiri atau kanan, saya juga bermain sesuai instruksi pelatih, dan memberikan yang terbaik untuk membantu tim,” tambah pemain yang saat ini dipinjamkan ke Bhayangkara FC itu.

Dalam laga yang berakhir dengan kekalahan 0-4 Timnas Indonesia dari Libya, Shin Tae-yong terlihat bereksperimen.

Ia membagi tim menjadi dua, masing-masing tampil di babak pertama dan kedua, kecuali kiper Syahrul Trisna yang terus bermain sepanjang pertandingan.

Pada laga tersebut, Shin Tae-yong tidak menurunkan bek kanan asli. Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh hanya ditempatkan di bangku cadangan.

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. [Dok. Persija Jakarta]
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. [Dok. Persija Jakarta]

Keputusan Shin Tae-yong menempatkan Witan sebagai bek kanan bisa jadi merupakan pertanda inovasi taktis yang direncanakan sang pelatih untuk Piala Asia 2023.

Diketahui, Timnas Indonesia kini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sebagai persiapan jelang Piala Asia 2023.

Skuad Garuda dijadwalkan kembali menghadapi Libya pada laga uji coba leg kedua, Jumat (5/1/2023) di Antalya, Turki sebelum menghadapi Iran di Doha, Qatar empat hari kemudian.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Event akbar ini akan berlangsung pada tanggal 12 Januari hingga 10 Februari 2024.