Super Krusial, Timnas Indonesia Haram Kalah di Laga Perdana Piala Asia 2023 Lawan Irak – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Laga pertama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 melawan Qatar disebut-sebut akan sangat krusial. Sangat penting bagi skuad Garuda untuk tidak kalah demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar, setidaknya dengan menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik fase grup.

Timnas Indonesia akan mengawali perjalanannya di Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, pada 15 Januari 2024.

Empat hari kemudian, giliran Vietnam yang menghadapi Timnas Indonesia. Kampanye Grup D skuad Garuda akan ditutup dengan laga melawan Jepang pada 24 Januari.

Pakar sepak bola senior Indonesia, Ronny Pangemanan, menilai timnas Indonesia tidak boleh kehilangan poin di laga pertama melawan Irak.

Jika kalah, pria yang akrab disapa Bung Ropan ini menilai peluang skuad Garuda lolos ke fase gugur alias babak 16 besar Piala Asia Qatar akan sangat sulit.

“Pelatih (Timnas Indonesia) Shin Tae-yong sempat mengatakan, target kami adalah lolos ke 16 besar. Kalau itu terjadi, setidaknya kami bisa meraih satu poin saat melawan Irak. Jangan sampai kalah, itu kuncinya. Terserah kita bagaimana kita melakukannya, padahal kita harus bermain ultra defensif juga,” kata Ropan di saluran YouTube pribadinya.

“Kalau kalah, (peluang Timnas Indonesia) hilang. Saya yakin akan sulit mencapai babak 16 besar, kalau bukan tidak mungkin,” lanjutnya.

“Jangan lihat Vietnam dan Jepang lagi. Fokus di early game.”

Menurut Ropan, jika ingin berpeluang lolos ke babak 16 besar, Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong perlu meraih empat poin.

Dengan raihan empat poin, skuad Garuda bisa lolos menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

“Kita harus menang melawan Vietnam, itu tidak bisa ditawar. Namun asalkan kita mendapat hasil positif (melawan Irak). Oleh karena itu, untuk melaju ke babak 16 besar, kita tidak boleh kalah melawan Irak,” tegas Ropan.

Bicara soal perebutan poin dari Irak, bisa dipastikan ini akan menjadi tugas yang sangat berat bagi timnas Indonesia.

Pasalnya skuad Garuda dibantai 1-5 saat bertandang ke markas Irak pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia belum lama ini, yakni pertengahan November 2023.

Pada laga yang berlangsung di Basra International Stadium ini, perbedaan kualitas kedua tim cukup terlihat jelas.