Steven Gerrard Ikut Tren Gabung Klub Arab Saudi, Resmi Latih Al Ettifaq – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Inggris Steven Gerrard resmi menjadi pelatih baru klub Arab Saudi Al Ettifaq. Legenda Liverpool itu memiliki kontrak dua tahun hingga 2025.

Gerrard akan mengisi kursi Al Ettifaq setelah kepergian Patrice Carteon yang dipecat pada Februari lalu, dan hingga akhir musim 2022/2023 posisi pelatih kepala digantikan oleh Antonio Cazorla sebagai caretaker.

“Kami dengan senang hati mengumumkan penandatanganan Gerrard sebagai pelatih Al Ettifaq Club,” tulis pengumuman klub melalui situs resminya, Selasa (4/7/2023).

Acara penandatanganan kontrak dilakukan pada Senin waktu setempat di sebuah hotel di London, Inggris, dengan Presiden Al Ettifaq Khaled Al-Dabal, yang melalui situs resminya mengatakan, merasa terhormat bisa mendatangkan pelatih muda yang juga seorang Legenda Liverpool FC.

Khaled Al-Dabal yakin kedatangan pelatih berusia 43 tahun itu akan meningkatkan kualitas Liga Arab Saudi setelah sebelumnya kedatangan pemain-pemain top dunia seperti Cristiano Ronaldo, N’Golo Kante, Karim Benzema, dan Kalidou Koulibaly.

“Tidak diragukan lagi, kehadiran Gerrard akan menjadi tambahan dan lompatan besar di liga kami, karena dia adalah pelatih Inggris pertama yang bekerja di Liga Arab Saudi,” kata Khaled Al-Dabal.

Al Ettifaq finis di urutan ketujuh pada musim 2022/2023 dengan 37 poin, tertinggal 35 poin dari sang juara Al Ittihad. Poin tersebut dikumpulkan dari hasil 10 kali menang, tujuh kali seri, dan 13 kali kalah.

Selama karir kepelatihan profesionalnya, Gerrard pernah melatih dua klub yaitu Rangers dan Aston Villa.

Pria kelahiran 30 Mei 1980 itu sukses bersama Rangers dengan membawa juara klub 2020/2021 tanpa kalah. Saat itu Rangers mengoleksi 102 poin, hasil 32 kali menang dan enam kali seri.

Secara keseluruhan bersama klub berjuluk The Gers itu, Gerrard mencatatkan 124 kemenangan, 41 seri, dan 27 kekalahan di semua kompetisi sejak mengambil alih pada Juni 2018.