Sosok Kiper Ernando Ari, Jatuh Bangun Selamatkan Gawang Indonesia Tapi Gagal Eksekusi Penalti di Final AFF 2023 – Berita Hiburan

by

Ada sosok pemain Timnas U-23 Indonesia yang mencuri perhatian meski gagal menjadi juara Piala AFF U-2. Sosok itu adalah sang kiper, Ernando Ari Sutaryadi.

Sepanjang pertandingan, kiper Ernando Ari Sutaryadi terus melakukan penyelamatan gawang Indonesia. Namun aksi apik tersebut juga diwarnai dengan kegagalan mengeksekusi tendangan penalti hingga laga berakhir dengan skor 5-6 untuk keunggulan Vietnam.

Timnas U-23 Indonesia dan Vietnam bertanding di Rayong Regional Stadium, Thailand. Keduanya saling bertukar serangan di awal ronde pertama. Kedua tim punya sedikit peluang namun masih belum ada yang menentukan di 25 menit pertama pertandingan.

Semenit berselang, Timnas U-23 menekan tendangan bebas Rifky Dwi dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa ditepis kiper asal Vietnam yang didampingi Quan Van Chuan.

Pada menit ke-32, Vietnam mendapat hadiah penalti setelah bek timnas U-23 Alfeandra Dewangga melakukan pelanggaran terhadap Nguyen Minh Quang di kotak penalti. Namun peluang tersebut gagal dimanfaatkan oleh Vietnam.

Saat itu, Nguyen Quoc Viet selaku eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Bola tembakannya mengarah ke sisi kanan gawang Timnas Indonesia U-23 dan berhasil ditepis kiper Ernando Ari.

Kemudian, Timnas U-23 Indonesia dan Vietnam terus mencari gol pembuka. Namun upaya yang dilakukan kedua tim masih belum mampu mengubah keadaan hingga turun minum.

Memasuki laga babak kedua, Timnas Indonesia kembali melakukan gebrakan lewat sepakan Ramadhan Sananta pada menit ke-54. Namun bola hasil tendangan bebas yang dilakukan dari luar kotak penalti berhasil dibelokkan kiper Vietnam.

Keduanya terus berjuang namun terus jual beli kemenangan, kiper Timnas, Ernando Ari terus menahan dan menyelamatkan gawang. Hingga akhirnya Timnas U-23 Indonesia harus menerima kekalahan lewat adu penalti. Pasukan Shin Tae-yong kalah 5-6 dari Vietnam dalam tos.

Lantas, bagaimana penampilan kiper Timnas U-23 Ernando Ari yang terus melakukan penyelamatan namun gagal mengeksekusi tendangan penalti di final AFF U-23 melawan Vietnam? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Profil Kiper Timnas U-23 Ernando Ari

Ernando Ari menjadi perbincangan setelah penampilannya yang apik mengawal gawang Timnas Indonesia usai mengalahkan tuan rumah Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023.

Aksi Ernando Ari berhasil menggagalkan tiga peluang manis pemain Thailand. Salah satunya berhasil membelokkan sundulan pemain Thailand, Chukid Wanpraphao di Stadion Provinsi Rayong, Thailand pada Kamis 24 Agustus 2023. Alhasil, Timnas Indonesia menang 3-1 atas Thailand hingga peluit akhir berbunyi. terdengar

Ernando Ari bernama lengkap Ernando Ari Sutaryadi, lebih dikenal dengan nama Nando. Nando lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 27 Februari 2002. Ernando Ari memiliki tinggi badan 178 cm.

Ernando Ari merupakan anak dari Sutarno dan Puan Erna Yuli Lestari. Ayahnya meninggal pada Februari 2020. Ia dibesarkan di rumah orang tuanya di Semarang.

Kisah cintanya pun menjadi sorotan setelah menjalin hubungan dengan model asal Semarang, Devani Audri. Namun, sebelumnya Nando juga pernah menjalin hubungan dengan Winnie Maulana.

Ernando Ari bersekolah dari SD hingga SMP di Semarang. Beliau merupakan lulusan SD Islam Tunas Harapan Semarang, semasa SMA beliau melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 4 Semarang, kemudian melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 11 Semarang.

Nando diketahui memiliki ketertarikan pada dunia sepak bola sejak kecil, ia bergabung dengan SSB Tunas Harapan di Kota Semarang. Nando kemudian bergabung dengan SSB Tugumuda Semarang dan SSB Goal Keeping yang pertama kali berganti posisi dari striker menjadi penjaga gawang.

Saat remaja, ia tinggal di Pangkalan Bun dan bermain untuk SSB Bina Talent. Ernando Ari Sutaryadi kemudian kembali ke Semarang saat duduk di bangku kelas 2 SMP dan kemudian direkrut oleh PPLP Jawa Tengah pada tahun 2018.

Nando kemudian direkrut Persebaya Surabaya dan bermain di Pro Elite League 1 U-16 Academy 2018. Nando kemudian masuk Seleksi Garuda Pertama pada tahun 2019.

Kemudian pada tahun 2018, Persebaya Surabaya mengumumkan kesepakatan Ernando bergabung dengan klub tersebut. Setahun kemudian, Nando dipromosikan ke tim senior Persebaya Surabaya dan siap menjalani debut karir bersama tim tersebut di Liga 1 Indonesia dimana Nando sudah bergabung dengan tim U-16 sejak musim lalu dan tampil di Elite Pro Academy Liga 1 U.-16 2018.

Pada tahun 2021, Ernando kemudian menjalani debut tim utama Persebaya sebagai starter pada laga melawan PSS Sleman di turnamen Piala Menpora. Nando melakukan debut untuk Timnas U-16 Indonesia pada tahun 2017 dan membantu timnas menjuarai Kejuaraan Remaja U-16 AFF 2018. Nando juga bermain di Kejuaraan Remaja U-18 AFF 2019.

Kontributor: Shifa Khoerunnisa